فعالية تطبيق نظرية التعلّم السلوكي (teori belajar behavioristik) ايفان فتروفيج فافلوف (Ivan Petrovich Pavlov) بتقنية الأنماط drill and practice)) لترقية مهارة الكتابة لطلبة الفصل السابع بمدرسة نور المشيطة الثانوية الإسلامية لوماجانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Rosmaidatul (2020) فعالية تطبيق نظرية التعلّم السلوكي (teori belajar behavioristik) ايفان فتروفيج فافلوف (Ivan Petrovich Pavlov) بتقنية الأنماط drill and practice)) لترقية مهارة الكتابة لطلبة الفصل السابع بمدرسة نور المشيطة الثانوية الإسلامية لوماجانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosmaidatul Fadilah_D02216020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap peserta didik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga dengan keterampilan berbahasa yang dimiliki. Empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Peneiti menemukan bahwa di Madrasah Tsanawiyah Putri Nurul Masyithoh Lumajang, siswa kesulitan membuat kalimat pada kemampuan berbicara mereka, khususnya di kelas VII B, yang mana mereka hanya mampu memahami kosa kata saja. Hal ini disebabkan kebanyakan dari mereka lulusan dari SD yang belum belajar Bahasa Arab sama sekali. Oleh karena itu, Peneliti ingin menerapkan Teknik Pembelajaran Drill dan Praktek bagi pemula seperti kelas 7. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan keterampilan menulis kelas 7 Mts Putri Nurul Masyithoh Lumajang dan juga untuk mengetahui penerapan teknik Drill dan Praktek pada kemampuan menulis siswa tersebut. Untuk itu, Teori belajar behavioristik Ivan Petrovich Pavlov dengan teknik Drill diterapkan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis peserta didik kelas 7b di Mts Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh Peneliti adalah penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes (pre-test dan post-test), wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini kita mengetahui bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan teori belajar behavioristic Ivan Petrovich Pavlov berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus T-test. Hasil T-hitung menunjukkan 6,285 dan T-tabel menunjukkan hasil 5% = 1,708 dan 1% = 2,480. Artinya penelitian T-hitung lebih besar dari T-tabel dan ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Rosmaidatulfadilahrosmaida@gmail.comD02216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihah, Muflihahmuflihah@uinsby.ac.id2012067602
Thesis advisorNadjib, Aanaannajib@gmail.com195910151998031001
Subjects: Bahasa Arab
Menulis
Psikologi Belajar
Keywords: Teori belajar behavioristik; Ivan Petrovich Pavlov; Teknik drill; Keterampilan menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rosmaidatul Fadilah
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:38
Last Modified: 28 Aug 2020 05:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43315

Actions (login required)

View Item View Item