Pengaruh social capital terhadap pemanfaatan sosial media untuk knowledge sharing pada generasi z

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sudarsono, Feby Fitriani (2020) Pengaruh social capital terhadap pemanfaatan sosial media untuk knowledge sharing pada generasi z. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Feby Fitriani Sudarsono_H76216057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Generasi Z merupakan generasi yang lahir pada rentang tahun 1995-2010 yang kesehariannya melekat pada gadget, dan lebih mendominasi melakukan komunikasi menggunakan sosial media. Komunikasi yang dilakukan dengan tujuan untuk berbaginya informasi atau lebih dikenal dengan sebutan knowledge sharing. Knowledge sharing dianggap penting dikarenakan dengan adanya informasi yang dibagikan akan memudahkan untuk proses pencapai tujuan. Menurut ahli bukan hanya teknologi yang menjadi satu-satunya hal yang perlu diperhatikan terhadap efektifitas knowledge sharing, melainkan faktor individu seperti social capital ini juga penting untuk dipertimbangkan. Namun baik di negara maju ataupun berkembang seperti Indonesia pemanfaatan dari sosial media dengan pengaruh social capital masih bersifat dugaan, dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk diimplementasi dan pemahaman yang lebih baik juga efektif. Tujuan penelitian ini membuktikan apakah ada hubungan antara social capital dengan proses knowledge sharing melalui sosial media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dengan teknik simple random sampling. Proses analisis penelitian ini menggunakan bantuan SmartPLS. Sebanyak 363 responden telah mengisi kuisioner dan mendapatkan hasil trend sosial media yang lebih cenderung digunakan untuk knowledge sharing bagi generasi Z yaitu Whatssapps, Instagram, Youtube, Facebook, dan Line. Temuan lainnya menyatakan bahwa social capital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap knowledge sharing melalui sosial media. Dengan hasil penelitian yang didapatkan akan memudahkan proses pengambilan kebijakan terkait topik ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sudarsono, Feby Fitrianifebyfitriani0302@gmail.comH76216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorYalina, Nitanitayalina@uinsby.ac.id2008028702
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Subjects: Manajemen
Media Massa
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: knowledge sharing; social capital; sosial media; generasi Z; kuantitatif.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Feby Sudarsono
Date Deposited: 27 Aug 2020 13:28
Last Modified: 27 Aug 2020 13:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43298

Actions (login required)

View Item View Item