Makna simbolik ritual macapat aliran kepercayaan kiblat Papat Limo Pancer di Candi Kalicilik Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Nadia Ilfah (2020) Makna simbolik ritual macapat aliran kepercayaan kiblat Papat Limo Pancer di Candi Kalicilik Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Ilfah Hanifah_.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil Penelitian menjawab pertanyaan: i) apa yang dimaksud dengan Aliran Kepercayaan Kiblat Papat Limo Pancer yang proses ritualnya diadakan di Candi Kalicilik Desa Candirejo ? Media apa saja yang digunakan untuk prosesi ritual tersebut serta makna simbolik Kiblat Papat Limo Pancer dan ritualnya yang unik dilakukan didalam sehingga menjadi daya Tarik tersendiri untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data dan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data tersebut dirasa menjadi Teknik paling sesuai pada penelitian ini. Dimana peneliti mewawancarai objek bahkan melakukan observasi guna mendapat data yang lebih mendalam. Sehingga, hasil data yang mendalam tersebut lebih mudah untuk dianalisis menggunakan pendekatan Antropologi dan Fenomenologi dan dianalisis juga dengan teori yang dipilih oleh peneliti yaitu Teori Ritual Victor Turner dan Teori Interaksionisme Simbolik Helbert Blummer. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa masyarakat yang masih memeluk Aliran Kepercayaan Kiblat Papat Limo Pancer merupakan keturunan dari nenek moyang mereka dahulu atau tradisi kejawen. Kiblat Papat Limo Pancer diartikan sebagai Sedulur Papat atau teman manusia yang menemani dari kita dilahirkan sampai akhir hayatnya. Sedulur Papat sendiri berupa Kakang Kawah, Adhi Ari Ari, Getih dan Pusar. Dari ajaran Kiblat Papat Limo Pancer tersebut, mengajarkan bahwa manusia memerlukan teman untuk mengontrol perilaku agar kehidupan dunianya tentram dan bahagia serta disuruh untuk selalu ingat kepada Tuhan yang sudah memberikan kehidupan di alam semesta ini. Sehingga penganut Kiblat Papat sering menjadi contoh berucap dan berperilaku dalam masyarakat apalagi sekarang sudah masuk di zaman modern agar terhindar dari gaya hidup yang bersifat negative.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Nadia Ilfahnadia98hanifah@gmail.comE92216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Aliran Kebatinan
Budaya - Agama
Spiritualisme
Keywords: Kiblat Papat Limo Pancer; ritual macapat; teori interaksionisme simbolik.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nadia Ilfah Hanifah
Date Deposited: 27 Aug 2020 11:18
Last Modified: 27 Aug 2020 11:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43271

Actions (login required)

View Item View Item