Analisis tingkat kapabilitas tata kelola teknologi Informasi menggunakan COBIT 5

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faruq, Ahmad (2020) Analisis tingkat kapabilitas tata kelola teknologi Informasi menggunakan COBIT 5. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Faruq_H06216001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini teknologi informasi merupakan bagian yang penting bagi organisasi untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam mendukung pencapaian proses bisnis strategis di organisasi. Begitu juga dengan Dinas XYZ yang sudah mementingkan adanya teknologi informasi pada aktifitas sehari-hari untuk menunjang tujuan proses bisnis instansi. Dinas XYZ merupakan salah satu instansi pemerintah di salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang memiliki komitmen memberikan nilai kepada masyarakat dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan untuk mencapai tujuan mereka melalui inovasi-inovasi dari adanya teknologi informasi. Dilihat dari peranan dan fungsi teknologi informasi yang sangat penting, maka diperlukan adanya suatu tata kelola teknologi informasi yang baik dan berjalan sesuai tujuannya dalam mendukung kinerja suatu instansi. Dari wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa Dinas XYZ terus berupaya untuk memberikan nilai kepada masyarakat dalam mencapai tujuan mereka melalui inovasi-inovasi dari adanya teknologi informasi. Dalam penelitian ini, framework yang digunakan adalah COBIT 5 dengan Process Assessment Model. Domain yang digunakan dalam penelitian ialah APO01, APO02, APO04, APO08, APO10, BAI01, BAI02, DSS02, EDM02. Diketahui bahwa 2 proses memperoleh level 1 yaitu DSS02 dan EDM02, dimana hal ini menunjukkan bahwa proses tersebut masih belum lengkap atau masih jauh dari tujuan yang ingin dicapai. Sementara itu, 7 proses lainnya telah berhasil mencapai level 2 yaitu proses APO01, APO02, APO04, APO08, APO10, BAI02, DSS02, dimana hal ini menunjukkan bahwa pada proses-proses tersebut pihak Instansi telah mengimplementasikannya dengan baik, meski tetap harus dijaga dan terus ditingkatkan lagi. Dalam penelitian ini disusun rekomendasi yang bertujuan untuk meningkatkan proses kapabilitas guna mencapai tingkat kapabilitas yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faruq, Ahmadahmaadfaaruq@gmail.comH06216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRozas, Indri Sudanawatiindrisrozas@uinsby.ac.id2021078201
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Tingkat Kapabilitas; COBIT 5; Process Assessment Model.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Ahmad Faruq
Date Deposited: 27 Aug 2020 11:48
Last Modified: 27 Aug 2020 11:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43269

Actions (login required)

View Item View Item