Revivalisasi aliran kepercayaan Budo Wisnu di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Ika (2020) Revivalisasi aliran kepercayaan Budo Wisnu di Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Wulandari_E92216051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Istilah/kata Revivalisasi adalah sebuah konsep kerangka besar yang meiliki arti kebangkitan atau pemurnian kembali ajaran atas semangat keagamaan. Latar belakang dari proses revivalisasi tentu tidak muncul secara tiba-tiba begitu saja.melainkan atas beberapa sebab. Adanya krisis identitas sebagai manusia pribumi, dirasa dirasa perlu untuk mengenalkan ajaran (kaweruh) budi in. selain itu, adanya sumpah Sabdo Palon tentang janji kedatangannya setelah 500 tahun akan kembali lagi ke tanah Jawa untuk menggelarkan dan mengajarkan kembali ajaran Budi, menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti. Dimana fenomena kedatangan Sabdo Palon ini sama halnya dengan fenomena Ratu Adil/ kepercayaan akan datangnya Mesiah. Sehingga, melihat fenomena tersebut terdapat dua rumusan masalahdalam penelitian ini, yaitu: 1. Bagaimana proses revivalisasi aliran kepercayaan Budo Wisnu? 2. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat proses revivalisasi ajaran dari aliran kepercayaan Budo Wisnu?jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang dalam penelitian kali ini metodologi penelitian yang digunakan adalah melalui pendekatan fenomenologi. Pendekatan yang berupaya menganalisis fenomena revivalisasi yang terjadi dalam aliran kepercayan Budo Wisnu ini. Aliran kepercayaan yang berusaha untuk melestarikan filsafat Jawa dan memegang teguh tradisi budi yang hidup yang termasuk dalam proses Revivalis Rejeksionis. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bagaiman keberlangsungan atau proses dari revivalisasi Aliran Kepercayan Budo Wisnu (berupa latar belakang peristiwa yang menyebabkan kemunculannya, usaha revival yang dilakukan dan yang akan dilakukan). Strukturasi yang berlangsung dalam merevivalkan ajaran ini berlangsung melalui 3 tahap/ dimensi, yaitu: pemahaman (interpretation/understanding), Moralitas (arahan yang tepat) dan Kekuasaan dalam bertindak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Ikaikawulandari912@ymail.comE92216051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Aliran Kebatinan
Budaya - Agama
Kebudayaan Jawa
Keywords: Revivalisasi; Ajaran (Kaweruh) budi dan Budo Wisnu.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Ika Wulandari
Date Deposited: 28 Aug 2020 06:07
Last Modified: 28 Aug 2020 06:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43266

Actions (login required)

View Item View Item