Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika materi perkalian dengan menggunakan media tali hitung kelas III di MINU Waru I Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Siti Saniatul (2020) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika materi perkalian dengan menggunakan media tali hitung kelas III di MINU Waru I Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Saniatul Ulfah_D97216083.pdf

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian, mendasari dilaksanakannya penelitian ini. Penyampaian materi perkalian yang dominan menggunakan metode ceramah menjadi penyebab kurang tertariknya siswa mempelajari matematika hingga sebagian besar dari mereka menganggap bahwa matematika itu sulit. Minimnya penggunaan media belajar dalam proses pembelajaran matematika juga menjadi alasan kurang tertariknya peserta didik dalam belajar matematika. sehingga hal ini mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi perkalian. Berdasarkan data hasil ulangan harian siswa materi perkalian, menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 66,7 (Kurang). Dan presentase ketuntasan siswa adalah 23% (Kurang sekali) sebagai tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan Media Tali Hitung. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penggunaan media tali hitung pada pelajaran matematika materi perkalian kelas III di MINU Waru I? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media tali hitung pada pelajaran matematika materi perkalian kelas III di MINU Waru I? Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yang masing-masing siklus nya memiliki empat tahap yaitu: planning, acting, observing, dan reflecting. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MINU Waru I yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dokumentasi,dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media tali hitung dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan skor siklus I sebesar 73,4 (cukup) dan pada siklus II 87,5 (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 73,2 (cukup) dan pada siklus II mendapat skor 89,2 (sangat baik). 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 66,7 meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai sebesar 73,8 (cukup), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88,7 (sangat baik). 3) Presentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus hanya 25% meningkat setelah siklus I sebesar 61,5 % (cukup) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88,4% (sangat baik) jumlah siswa yang tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Siti Saniatulsaniaulfah27@gmail.comD97216083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorWachidah, Nurnurwe@rocketmail.com197212152002122002
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hasil belajar; Mata pelajaran Matematika; Materi perkalian; Media tali hitung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI SANIATUL ULFAH
Date Deposited: 26 Aug 2020 14:55
Last Modified: 26 Aug 2020 14:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43199

Actions (login required)

View Item View Item