المشهد اللغوي في المعاهد الإسلامية بجاوى الشرقية واستخدامه كوسيلة تعليم اللغة العربية؛ دراسة في معهد الأمين الإسلامي للبنين برندوان سومانب ومعهد نور الجديد الإسلامي بايتون بروبولينجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Mubassyir, Muhammad (2020) المشهد اللغوي في المعاهد الإسلامية بجاوى الشرقية واستخدامه كوسيلة تعليم اللغة العربية؛ دراسة في معهد الأمين الإسلامي للبنين برندوان سومانب ومعهد نور الجديد الإسلامي بايتون بروبولينجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Al Mubassyir_F52618261.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab merupakan sesuatu yang paling mendasar dalam pendidikan pondok pesantren di Indonesia. Pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren tak hanya berlangsung di dalam kelas, namun juga berlangsung di luar kelas melalui berbagai media dan sumber yang kerap dijumpai oleh santri dalam kegiatan sehari-hari yang di antaranya adalah melalui lanskap linguistik. Landry dan Bourhis (1997) mendefinisikan bahwa lanskap linguistik adalah segala fenomena bahasa yang terpampang di tempat umum, bisa berupa reklame, papan nama, petunjuk jalan dan lain sebagainya. Penggunaan bahasa pada lanskap linguistik itulah memberikan kontribusi kepada santri dalam pengembangan kemampuan bahasa Arabnya. Tesis ini membahas tentang lanskap linguistik di Pondok Pesantren Al-Amin Prenduan dan Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton serta penggunaannya sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Data yang diolah adalah foto setiap lanskap linguistik yang ditangkap oleh peneliti melalui observasi, hasil wawancara dan hasil angket kuesioner. Analisis foto lanskap linguistik bertujuan untuk mengetahui bentuknya dan kesesuaiannya dengan kriteria media pembelajaran; sedangkan hasil kuesioner dan wawancara untuk mengetahui sikap santri terhadap lanskap linguistik di lingkungannya dan untuk mengetahui sejauh mana lanskap linguistik berkontribusi sebagai media pembelajaran bagi santri. Oleh karenanya, dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode campuran; deskriptif kualitatif untuk menganalisis dan mendeskripsikan foto lanskap linguistik dan hasil wawancara, sedangkan kuantitatif untuk menafsiri data kuesioner yang berbasis angka. Dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa lanskap linguistik di kedua pondok pesantren tersebut dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab bagi santri. Hal itu terbukti dari ragam bentuk lanskap linguistik itu sendiri yang sesuai dengan prinsip-prinsip media pembelajaran serta dari respon dan pengalaman santri terhadap lanskap linguistik yang tersebar di lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Mubassyir, Muhammadmalmubassyir@gmail.comF52618261
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan85@gmail.com198503142015031003
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Linguistik
Keywords: Lanskap Linguistik; Pondok Pesantren; Media Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Al-Mubassyir
Date Deposited: 25 Aug 2020 06:09
Last Modified: 25 Aug 2020 06:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43149

Actions (login required)

View Item View Item