Etika bisnis miyang nelayan muslim Desa Kandangsemangkon Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi'ah, Mahmudatur (2020) Etika bisnis miyang nelayan muslim Desa Kandangsemangkon Paciran Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahmudatur Rofiah_F02418146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menganalisis etika yang diterapkan oleh nelayan juragan terhadap nelayan buruh pada aktivitas ekonomi miyang dalam perspektif etika bisnis Islam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana praktik aktivitas ekonomi dan etika miyang masyarakat nelayan desa Kandangsemangkon, Paciran, Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan mengenai etika dalam kegitaan ekonomi yang menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis deskriptif kualitaif sebagai metode analasis yang digunakan mengenai etika yang diterapkan pada kegiatan ekonomi masyarakat nelayan diliat dari perspektif etika bisnis Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kegiatan ekonomi miyang dan etikayang diterapkan pada aktivitas ekonomi miyang sesuai dengan tujuan syariat Islam dalam menjalankan kegiatan perekonomian yaitu pertama, prinsip tauhid, kegiatan miyang tidak hanya fokus untuk memperoleh keuntungan di dunia melainkan juga untuk memperoleh keuntungan di akhirat. Ke dua, dalam pemberian upah atau gaji dilakukan dengan secara adil. Ke tiga, memberikan kebebasan kepada nelayn buruh (belah) dalam menjalankan kegiatan miyang untuk meningkatkan kinerja dan selaras dengan agama Islam. Ke empat, memberikan kepercayaan dan tanggungjawab kepada nelayan buruh (belah) untuk mengatur aktivitas ekonomi miyang sehingga kegiatan penangkapan ikan selama di laut berjalan dengan lancar. Dan terakhir adalah nelayan juragan mengutamakan nilai kejujuran dengan mengaplikasikannya untuk menghindari pemikiran negatif dan untuk tercapainya tujuan dari kegiatan ekonomi miyang. Saran dari penelitian ini adalah pertama, pentingnya bagi nelayan juragan untuk meningkatkan manajemen dan pengelolaan sumber daya manusia pada aktivitas ekonomi miyang sehingga terhindar dari perilaku-perilaku kontra-produktif. Ke dua, peneltian ini memberikan masukan kepada setiap pebisnis menerapkan prinsip-prinsip etika dalam kegiatan ekonomi atau bisnis agar tercapainya suatu bisnis yang sedang dijalankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi'ah, Mahmudaturmahmudaturr@gmail.comF02418146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Thesis advisorKhotib, Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Etika
Keywords: Etika bisnis; Miyang nelayan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: mahmudatur rofiah
Date Deposited: 25 Aug 2020 05:51
Last Modified: 25 Aug 2020 05:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43141

Actions (login required)

View Item View Item