Praktik pendidikan agama Islam buruh migran Indonesia di jama'ah Roudhotul Qolbiyah Yuen Long Hong Kong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasib, Ahmad Athoul (2020) Praktik pendidikan agama Islam buruh migran Indonesia di jama'ah Roudhotul Qolbiyah Yuen Long Hong Kong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Athoul Hasib_D91216044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam menjadi suatu hal yang sangat penting bagi seseorang guna untuk menjadi manusia paripurna. Salah satu contohnya adalah pendidikan Islam yang dilakukan oleh buruh migran Indonesia di JRQ Yuen Long Hong Kong dengan lingkungan yang minoritas muslim. Sehingga memiliki corak dan ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pendidikan lainnya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana mereka belajar agama Islam ditengah-tengah kesibukannya mereka bekerja di negeri orang. Sehingga penulis memfokuskan penelitian tentang (1) bagaimana praktik pendidikan agama Islam para buruh migran Indonesia yang ada di jama’ah roudhotul qolbiyah Yuen Long Hong Kong. (2) bagaimana tantangan pendidikan agama Islam buruh migran Indonesia di jama’ah roudhotul qolbiyah Yuen Long Hong Kong. (3) bagaimana dukungan pendidikan agama Islam buruh migran Indonesia di jama’ah roudhotul qolbiyah Yuen Long Hong Kong. Dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan apa yang diteliti. Data kualitatif ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisisi dengan menggunakan metode analisis interaktif Miles dan Huberman dengan skema reduksi data, display data, dan konklusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa(1) praktik pendidikan agama Islam di JRQ Yuen Long Hong Kong ini merupakan pendidikan Islam non formal yang berwajah komunitas majelis ilmu. Sehingga materi yang diberikantidak mengacu pada peraturan pemerintah tentang pendidikan.(2) Tantangan yang dihadapi oleh pendidikan Islam di JRQ cukup serius yakni adanya krisis moral dan akhlak, disorientasi keluarga dan mengakarnya paham sekuler dan liberal dalam pemikiran mereka. (3) Selain tantangan, juga ada dukungan baik secara internal dari diri mereka sendiri sebagai madrasah pertama bagi anaknya, juga dukungan eksternal dari lembaga sosial yang memberikan apresiasi penuh terhadap kegiatan yang mereka lakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasib, Ahmad Athoulhasib4516@gmail.comD91216044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Pendidikan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Buruh; Yuen Long Hong Kong
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Athoul Hasib
Date Deposited: 24 Aug 2020 10:29
Last Modified: 24 Aug 2020 10:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43132

Actions (login required)

View Item View Item