Mengembangkan kemampuan kognitif berhitung melalui media Papan Flanel pada anak kelompok a di Raudhatul Athfal Al Qodir Wage Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Siti (2020) Mengembangkan kemampuan kognitif berhitung melalui media Papan Flanel pada anak kelompok a di Raudhatul Athfal Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Rahmah_D08216021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kesulitan siswa dalam melakukan kegiatan berhitung di RA Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Siswa terkadang masih kebingungan dalam pembelajaran berhitung penjumlahan dan pengurangan. Hal ini di buktikan dengan hasil belajar siswa dalam kegiatan berhitung. Separuh dari siswa masih mulai berkembang dan beberapa ada yang belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif berhitung anak kelompok A di Raudhatul Athfal Al Qodir Wage taman Sidoarjo. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Adapun teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung siswa mengalami peningkatan yang sangat baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi yakni seluruh siswa mencapai hasil maksimal 20 skor. Penskoran yang di peroleh indikator 1 yakni 4 skor, indikator 2 yakni 4 skor, indikator 3 yakni 4 skor, indikator 4 yakni 4 skor, dan indikator 5 yakni 4 skor. Penerapan media papan flanel menggunakan 2 model yakni model klasikal dan kelompok. Kedua model pembelajaran tersebut sangat membantu siswa ketika pembelajaran. Penggunaan media Papan flanel dalam pembelajaran berhitung yakni menunjukkan hasil sangat baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi. Seluruh siswa mendapatkan pembelajaran menggunakan media Papan flanel. Kelebihan papan flanel yakni memudahkan guru ketika menjelaskan materi. Kekurangan media Papan flanel yakni media mudah rusak apabila tidak di rawat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Sitirahmahs906@gmail.comD08216021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Minat Siswa
Keywords: Pengembangan Kemampuan Berhitung; Media Papan Flanel.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Rahmah
Date Deposited: 22 Aug 2020 11:18
Last Modified: 22 Aug 2020 11:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43105

Actions (login required)

View Item View Item