Persepsi pedagang terhadap produk gadai emas Bank Syariah Mandiri dalam membangun ekonomi inklusif: studi di Pasar Gonosari Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sutanto, Cantik Maharani Putri (2020) Persepsi pedagang terhadap produk gadai emas Bank Syariah Mandiri dalam membangun ekonomi inklusif: studi di Pasar Gonosari Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cantik Maharani_G94216094.pdf

Download (881kB)

Abstract

Skripsi ini menggunakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang implementasi Gadai emas dalam membangun ekonomi inklusif atau kehidupan ekonomi para pedagang. Apakah produk ini dapat membantu dan meningkatkan pendapatan ekonomi mereka sehingga ekonomi inklusif dapat terbangun. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan para informan dalam penelitian ini yaitu pedagang yang menggunakan produk gadai emas serta pedagang yang tidak menggunakan gadai emas, karyawan Bank syariah Mandiri, Pegawai BPS, dan Disperindag Kabupaten Pacitan. Hasil dari penelitian kepada pedagang yang menggunakan prodak ini mendapatkan jawaban yaitu banyak pedagang yang merasa diuntungkan dalam menggunakan Gadai emas ini. Karena mereka dapat menambah barang yang dijual, memeperbesar toko dan penghasilannya meningkat, serta mereka dapat menciptakan lapangan kerja untuk warga sekitar yang mana jualan mereka semakin laris. toko yang tambah besar, jualan yang dijual semakin banyak sehingga mereka membutuhkan karyawan untuk berjulan. Kebanyakan pedagang mencari karyawan di sekitar pasar. selain itu kelebihan dari Gadai emas untuk permodalan pedagang ini para pedagang beranggapan bahwa cicilan nya tidak memberatkan para pedagang. sehingga didalamnya terdapat proses pertumbuhan ekonomi inklusif. Namun di dalamnya juga masih terdapat pedagang yang belum paham apa itu gadai emas syariah, dan apa itu Bank syariah. Masih banyak juga pedagang di Pasar Gondosari yang menggunakan Bank konven atau koperasi-koperasi mikro yang dikenal dengan sebutan Bank Thitil oleh mereka. Persepsi pedagang terhadap Gadai emas ini dapat dijadikan salah satu refrensi untuk Bank syariah Mandiri untuk semakin giat melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat pedagang khususnya. Sehingga akan banyak pedagang yang menggunakan produk Gadai emas ini, dan dapat membantu kehidupan ekonomi mereka. Agar para pedagang juga mengurangi pengggunaan Bank Thitil yang banyak merugikan para pedagang. selain hal diatas produk Gadai emas ini dapat membantu pertumbuhan ekonomi inklusif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sutanto, Cantik Maharani Putricantikmaharani50@gmail.comG94216094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi Islam
Gadai
Pemikiran
Keywords: Pedagang; Gadai emas; Bank Syariah Mandiri; Ekonomi inklusif
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: CANTIK MAHARANI PUTRI SUTANTO
Date Deposited: 22 Aug 2020 11:47
Last Modified: 22 Aug 2020 11:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43093

Actions (login required)

View Item View Item