Kristen phobia dan tindakan umat Islam terhadap keberadaan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Hosana Kaliputih Kebonagung Puri Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrumningtyas, Sherlin Mulya (2020) Kristen phobia dan tindakan umat Islam terhadap keberadaan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Hosana Kaliputih Kebonagung Puri Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sherlin Mulya Arrumningtyas_E0221020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini masalah yang diteliti antara lain: sejarah GPdI Hosana Kaliputih, tindakan umat Islam terhadap keberadaan GPdI Hosana Kaliputih, peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan antara Islam dan Kristen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami dan menganalisis tindakan umat Islam terhadap keberadaan GPdI Hosana Kaliputih, untuk mengetahui dan memahami peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menyelesaiakan permaslahan antara Islam dan Kristen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer maupun data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan tiga cara, yaitu melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Talcott Parsons yang membahas mengenai tindakan sosial, yang memiliki unsur penting disebut dengan AGIL Adaptation, Goal attainment, Integration, and Latency).Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa orang pendatang yang baru masuk di Kaliputih tidak sama seperti orang yang sudah lama tinggal di desa ini. Orang lama yang dapat menyesuaikan diri dengan bak di lingkungan meskipun memiliki keyakinan yang berbeda. Sedangkan untuk orang pendatang kurang menyukai jika di lingkungan terdapat perbedaan keyakinan, sehingga mereka melakukan tindakan sosial. Tindakan yang dilakukan tidak secara langsung, melainkan tindakan sosial itu dilakukan dengan cara mempengaruhi anak-anak yang berada di sekitar lingkungan. Tindakan sosial mempunyai keterkaitan dengan sistem AGIL Tokoh agama dan tokoh masyarakat memiliki peran penting dalam upaya menyelesaikan permasalahan antara umat Islam dengan umat Kristen Peran tokoh agama di tingkat Kabupaten Mojokerto melalui FKUB. Peran masyarakat melalui kerja sama seperti gotong royong, ikut berpartisipasi dalam merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Pendeta beserta dengan keluarganya masih tetap berada di Kaliputih sampai sekarang.

Kata Kunci: tindakan Sosial, AGIL, tokoh Agama, tokoh Masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrumningtyas, Sherlin Mulyasherlinmulya@gmail.comE02216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.id2007127102
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Gereja
Keywords: tindakan Sosial; AGIL; tokoh Agama; tokoh Masyarakat.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sherlin Mulya Arrumningtyas
Date Deposited: 22 Aug 2020 05:38
Last Modified: 22 Aug 2020 05:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43086

Actions (login required)

View Item View Item