PENGARUH PELAKSANAAN ORIENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DI SLTP 4 SIDOARJO

Sihabuddin, Sihabuddin (1999) PENGARUH PELAKSANAAN ORIENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DI SLTP 4 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan orientasi supervisi pendidikan yang di terapkan di SLTP 4 sidoarjo. (2) Baqaimanilkah kemampuan mengajar guru SLTP 4 Sidoar jo. (3) Apakah ada pengaruh pelaksanaan orientasi supervisi pendidikan terhadap kemarnpuan mengajar quru di SLTP 4 Sidoarjo. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yaitu: “ Dengan penentuan jenis data, sumber data, tehnik penentu subyek atau obyek penelitian, teknik dan intrumen pengumpul data, dan analisa data”.

Dari hasil penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) pelaksanaan orientasi supervisi pendidikan di SLTp 4 Sidoarjo mencapai nirai rata-rata 3,4 termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari penyusunan program, pelaksanaan serta penqgunaan dan pemilihan orientasi supervisi yanq disesuaikan dengan karakteristik guru, sehingga guru mampu meningkatkan, pengetahuan, ketrampilan dalam pendiriikan. (2) Sebagian besar quru SLTp 4 Sidoarjo memiliki kemampun mengajar yang mencapai nilai rata-rata 3,5 yang termasuk dalam kategori baik. HaL ini tercermin dari persiapan mengajar yanq baik, proses belajar mengajar yanq intensif serta mampu mengadakan hubungan yang harnronis kepada siapapun. (3) Berdasarkan perhitungan statistik, bahwa nilai rxy atau ro sebesar 0,444 maka diparoLeh bukti hubunqan atau pengaruh yang positif antara pelaksanaan orientasi supervisi pendidikan dengan mengajar guru di SLTp 4 Sidoarjo.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mahmudi
Uncontrolled Keywords: Orientasi supervisi pendidikan; Kemarnpuan mengajar quru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:02
Last Modified: 01 Feb 2016 03:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item