Perancangan Japan Country Park di Giripurno Kota Batu dengan pendekatan tematik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Achmadulloh, Iib Asyhadi (2020) Perancangan Japan Country Park di Giripurno Kota Batu dengan pendekatan tematik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iib Asyhadi Achmadulloh_H73216064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Taman memiliki beberapa fungsi yang berbeda dari cara pengelolaan, perawatan, hingga isi dari taman itu sendiri. Di dalam taman itu sendiri juga memiliki beberapa wahana dan objek yang dapat dinikmati pengunjung untuk bersantai, berlibur dan bertamasya. Setelah melakukan analisis dari beberapa jurnal, pemilihan konsep perancangan kawasan dibuat dengan menggunakan pendekatan Taman Bertema. Sebuah teori atau jenis taman tersebut juga memiliki pengertian lain yaitu Taman Hiburan Tematik. Arti kata Taman Hiburan Tematik juga merupakan salah satu jenis taman yang memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis taman lainnya. Konsep merancang kawasan dengan pendekatan Taman Bertema saat ini sudah banyak di gunakan oleh beberapa developer di negara Indonesia. Pemilihan taman yang digunakan dalah taman jepang yang merupakan sebuah taman hiburan dengan tema khas jepang. Dengan alasan para wisatawan global cenderung memilih negra jepang sebagai destinasi wisata setiap tahunnya. Dengan alasan lain bahwa negara jepang memiliki keindahan, budaya, serta makanan dan oleh-oleh Negara Jepang memiliki suatu kesan tersendiri di dalamnya. Dengan hal tersebut, sebuah alasan muncul bahwa wisata taman jepang tersebut perlu untuk dirancang dan dibangun di salah satu area di kota Batu-Malang tersebut. Kota Batu sendiri juga merupakan salah satu kota wisata yang banyak diminati wisatawan, serta keinginan masyarakat Indonesia akan berwisata ke luar negeri yakni jepang yang akhir-akhir ini sedang maraknya. Taman jepang ini bertemakan Japan Country Park, yang didalamnya terdapat berbagai area hiburan ikonik disetiap kota dinegara jepang. Seperti halnya pusat teknologi di Tokyo, pemandian air panas di kota Sapporo, dan juga pemukiman estetik di kota Osaka. Begitu banyak unsur ikonik di taman jepang ini. Seperti ikon lainnya juga yaitu makanan khas dari kota yokohama, taman sakura di akihabara dan beberapa aspek ikon yang begitu menarik lainnya di negara jepang tersebut. Sebuah konsep pun muncul, agar rancangan taman tematik ini dapat mengedukasi serta meremajakan setiap wisatawan yang berkunjung dapat menikmati beragam ikon menarik di setiap sudut kota negara jepang didalam taman tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Achmadulloh, Iib Asyhadiasshadi14@gmail.comH73216064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
AuthorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Taman Hiburan Tematik; Budaya Negara Jepang; Bangunan Ikonik Jepang; Eksterior dan Interior Khas Jepang
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Iib Asyhadi Achmadulloh
Date Deposited: 22 Aug 2020 01:52
Last Modified: 22 Aug 2020 01:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43047

Actions (login required)

View Item View Item