Peramalan harga cabai rawit di Provinsi Jawa Timur menggunakan metode arimax

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyowati, Ony Avrilia Diah (2020) Peramalan harga cabai rawit di Provinsi Jawa Timur menggunakan metode arimax. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ony Avrilia Diah Setyowati_H72216039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cabai merupakan bagian dari tanaman sayuran holtikultura yang memiliki permintaan tinggi di pasar domestik maupun mancanegara seperti Singapura dan Malaysia. Berdasarkan hasil catatan BPS (Badan Pusat Statistik), Provinsi Jawa Timur menduduki provinsi penghasil cabai rawit terbesar di Indonesia. Pada saat tertentu harga cabai melonjak tinggi dengan fluktuasi harganya berpengaruh cukup signikan terhadap inflasi. Komoditas cabai menjadi penyumbang utama inflasi di Jawa Timur pada tahun 2016. Untuk menghindari dampak-dampak negatif dari fluktasi harga cabai yang dapat mempengaruhi inflasi yang suatu saat akan terjadi, maka perlu dilakukan peramalan pada harga cabai rawit khususnya di Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan metode ARIMAX. Metode ARIMAX (Autoregressive Integrated Moving Average Exsogenous) yaitu metode ARIMA yang diperbarui dengan menambahkan variabel eksogen atau gabungan dari model Time Series Regression dengan ARIMA. Penambahan variabel eksogen pada metode ARIMA berupa variasi kalender yaitu dengan variabel dummy sebagai efek variasi kalender. Hasil penelitian diperoleh bahwa model terbaik untuk meramalkan data harga harga cabai rawit di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2020 adalah ARIMAX([1,16],0,0) dengan nilai RMSE sebesar 12195 dan nilai MAPE sebesar 24%. Artinya model ARIMAX ini cukup layak digunakan untuk meramalkan harga cabai rawit di Provinsi Jawa Timur.
Katakunci: Harga cabai rawit, ARIMA, ARIMAX, Peramalan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyowati, Ony Avrilia Diahonyavrilia@gmail.comH72216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniargreatyuniar@gmail.com2027057901
Subjects: Harga Pokok
Matematika
Keywords: Harga cabai rawit; Metode arimax
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ony Setyowati
Date Deposited: 04 Sep 2020 13:06
Last Modified: 04 Sep 2020 13:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43026

Actions (login required)

View Item View Item