Perancangan pusat komunitas tunanetra Surabaya dengan pendekatan multisensori

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fernando, Mochammad Ricky (2020) Perancangan pusat komunitas tunanetra Surabaya dengan pendekatan multisensori. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Ricky Fernando_H73216066.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menurut estimasi Kementerian Kesehatan RI jumlah tunanetra Indonesia adalah sekitar 1,5% dari seluruh penduduk Indonesia tahun 2017. Jumlah penyandang tunanetra yang cukup besar tersebut sayangnya tidak menjamin kesejahteraan mereka. Dibidang pekerjaan tunanetra memiliki. Tercatat bahwa provinsi Jawa Timur masuk dalam provinsi dengan penyandang tunanetra tertinggi ke-2. Surabaya sebagai ibu kota Jawa Timur berbenah menjadi kota inklusi ramah tunanetra. Namun hingga saat ini masih belum ada fasilitas yang dikhususkan bagi penyandang tunanetra dimana mereka dapat mengembangkan minat dan bakat mereka di Surabaya. Keterbatasannya dalam melihat membuat tunanetra dituntut untuk menggunakan indra lainya. Pendekatan yang cocok untuk membantu menyelesaikan permasalahan rancang tersebut adalah pendekatan multisensori, yaitu pendekatan arsitektur yang memaksimalkan indra manusia dalam aspek perancangannya. Perancangan proyek difokuskan untuk menjadi wadah bagi penyandang tunanetra untuk belajar, mengasah keterampilan, dan berkomunitas satu sama lain. Sebagai ruang untuk mengembangkan minat dan bakat tunanetra pusat komunitas tunanetra Surabaya memiliki peran dasar sebagai media latih orientasi dan mobilitas. Sebab itu perancangan pusat komunitas tunanetra Surabaya hadir dengan lingkungan fisisk orientasi dan mobilitas. Dimana pendekatan multisensori akan diterapkan dengan aspek lingkungan fisik orientasi dan mobilitas untuk mengembangkan informasi yang dapat disampaikan kepada tunanetra melalui indra-indra yang ada

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fernando, Mochammad Rickyickyfernando@gmail.comH73216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotulayuninaarsitektur@gmail.com2004108902
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com198910042018012001
Subjects: Arsitektur
Keywords: Jawa Timur; Surabaya; Tunanetra; Multisensori; Orientasi; Mobilitas.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Ricky fer nando
Date Deposited: 26 Aug 2020 13:45
Last Modified: 26 Aug 2020 13:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43008

Actions (login required)

View Item View Item