Youtube sebagai media eksistensi diri (Self - Performance) mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Nafa Dwi Citra (2020) Youtube sebagai media eksistensi diri (Self - Performance) mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafa Dwi Citra Pratiwi_I73216075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa memanfaatkan Youtube sebagai media eksistensi. Eksistensi mahasiswa menarik untuk di kaji karena perkembangan media juga mempengaruhi mahasiswa dalam menciptakan citra diri di dalam lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara sosiologis bagaimana mahasiswa dalam menciptakan dan menjaga citra diri untuk mencapai keeksistensian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif . Penelitian ini menggunakan teori Dramaturgi yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Teori ini sangat relevan dengan fokus pembahasan peneliti mengenai Youtube sebagai media eksistensi diri ( Self – Performance ) mahasiswa dan apa yang melatar belakangi mahasiswa memilih Youtube. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sebagai konten kreator menggunakan Youtube sebagai media eksistensi dengan cara mengunggah konten konten menarik di Youtube channel mereka yang kemudian dilihat oleh orang lain. Mahasiswa sebagai konten kreator memperhatikan kesan penonton atau audience dengan memaksimalkan konten yang diunggah dan memperhatikan front personal, setting serta profesionalitas pengambilan gambar. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga citra diri didunia maya dan menaikkan eksistensi mahasiswa. Latar belakang mahasiswa menggunakan Youtube sebagai media eksistensi diri ( Self- Performance) yaitu kemajuan zaman dan media yang digunakan masyarakat. Dari hasil penelitian didapat ada beberapa mahasiswa sebagai konten kreator yang menggunakan Youtube sebagai media penyimpanan, tempat untuk berkarya, serta juga untuk mendapat penghasilan. Dengan konten konten yang menarik dan berciri khas, Youtube channel mahasiswa juga berpeluang untuk mendapatkan uang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Nafa Dwi Citranafacitraprw28@gmail.comI73216075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@gmail.com2020017801
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Massa
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Youtube; Front Personal; Eksistensi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: nafa dwi citra pratiwi
Date Deposited: 25 Aug 2020 12:56
Last Modified: 25 Aug 2020 12:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43003

Actions (login required)

View Item View Item