Studi keanekaragaman serangga tanah di perkebunan Tea Afdeling Wonosari Kabupaten Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Muhammad Saiful (2020) Studi keanekaragaman serangga tanah di perkebunan Tea Afdeling Wonosari Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Saiful Anwar_H71216036.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkebunan Teh PTPN XII Wonosari Lawang adalah salah satu subsektor pertanian yang berpotensi dijadikan agroindustri pangan. Perkebunan Teh termasuk satu kesatuan eksistem yang terdapat tumbuhan, hewan dan faktor abiotik serta biotik yang saling mempengaruhi. Salah satu kelompok hewan yang ada adalah Serangga tanah. Serangga tanah merupakan serangga yang menghabiskan waktu hidupnya di tanah, baik dipermukaan tanah maupun yang terdapat di dalam tanah. Serangga tanah memiliki berbagai macam peranan antara lain sebagai herbivora, dekomposer, predator, dan detritivor. Keberadaan Serangga tanah juga dapat dijadikan sebagai indikator kestabilan ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks keanekaraaman serangga tanah dan mengetahui tingkat keanekaraaman Serangga tanah di Perkebunan Teh Lawang Kabupaten Malang. Pengambilan sampel menggunakan metode Pitfall trap yang berada dalam tiga stasiun berbeda, dilakukan pada bulan Januari-Februari 2020. Ditemukan 28 Spesies yang terbagi dalam 19 subfamili dan 6 ordo yakni ordo Blataria, Coleoptera, Dermaptera, Hemiptera, Hymenoptera dan Orthoptera. Hasil sampling dianalisis menggunakan 4 indeks seperti indeks keanekaragaman, kemerataan, dominasi, dan frekuensi relatif. Nilai indeks keanekaragaman tertinggi dan terendah yaitu pada Stasiun 3 (H’= 2,11) dan Stasiun 2 (H’= 1,88). Nilai indeks kemerataan tertinggi dan terendah yaitu pada Stasiun 1 (E = 0,72) dan Stasiun 2 (E = 0,62). Nilai indeks dominasi tertinggi dan terendah yaitu pada Stasiun 3 (C = 0,21) dan Stasiun 2 (C = 0,12). Nilai frekuensi relatif tertinggi yaitu pada Spesies Neoscapteriscus sp. dan Blatella germanica dengan presentase masing-masing 20%. Sedangkan nilai frekuensi relatif terendah yaitu pada Spesies Bothrogonia ferruginea. dengan presentase 5% .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Muhammad Saifulsaifulanwar260498@gmail.comH71216036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Subjects: Biologi
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Perkebunan Teh; Keanekaragaman; Serangga Tanah.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Muhammad Saiful Anwar
Date Deposited: 21 Aug 2020 11:57
Last Modified: 21 Aug 2020 11:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42990

Actions (login required)

View Item View Item