Perancangan tempat pelelangan ikan (TPI) di Kranji dengan pendekatan desain inklusif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alwanul, Mubin (2020) Perancangan tempat pelelangan ikan (TPI) di Kranji dengan pendekatan desain inklusif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Alwanul Mubin_H73216029.pdf

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan geografis Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kepulauan dua pertiga luas lautannya lebih besar dari daratannya. Hal tersebut dapat diketahui dengan terdapatnya garis pantai pada hampir setiap pulau yang ada di Indonesia. Kurang lebih garis pantai yang terdapat pada wilayah Indonesia adalah 81.000 km. Kemudian Lamongan merupakan wilayah yang potensi Perikanan dan Kelautan cukup besar yang meliputi bidang Perikanan Tangkap, Perikanan budi daya kemudian Bidang Pengolahan dan Pemasaran hasil Perikanan. Serta di dukung oleh Bidang Pengawasan dan kegiatan lainnya. Salah satu tempat pelelangan ikan yang terdapat di Lamongan bagian utara adalah Tempat Pelelangan Ikan Desa kranji. Tempat pelelangan ikan di desa Kranji ini menjadi penting seiring sebagian besar mata pencarian masyarakat kranji adalah sebagai nelayan. Tempat pelelangan ikan yang terdapat di desa kranji memang sudah ada sejak tahun 1977. Sehingga sampai saat ini perlu adanya perancangan kembali tempat pelelangan ikan. Sebagai solusi dari permasalahan yang banyak terdapat pada kondisi tempat pelelangan ikan desa kranji, perancangan tempat pelelangan ikan harus dipikirkan secara khusus berdasar pada pelaku/pengguna tempat pelelangan ikan. Dalam hal ini yaitu para nelayan, para tengkulak, pengelola dan pelaku lainnya. Dengan demikian pendekatan perancangan yang dapat digunakan adalah dengan pendekatan inklusif. Pengertian dari pendekatan inklusif sendiri adalah proses desain di mana produk, layanan, atau lingkungan dioptimalkan untuk pengguna tertentu dengan kebutuhan spesifik. Dengan pendekatan ini dirasa cocok untuk perancangan tempat pelelangan ikan karena nelayan sebagai pelaku utama memang membutuhkan suatu pelayanan khusus pada kegiatannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alwanul, Mubinalwanulm@gmail.comH73216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianinisya27@yahoo.com198302272014032001
Thesis advisorElok HapsariOktavi, Oktavioktagaudielok@gmail.com2004108501
Subjects: Arsitektur
Ikan
Keywords: Tempat Pelelangan Ikan; Desa Kranji; Desain Inklusif, Nelayan.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: ALWANUL MUBIN
Date Deposited: 20 Aug 2020 03:28
Last Modified: 20 Aug 2020 03:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42936

Available Versions of this Item

  • Perancangan tempat pelelangan ikan (TPI) di Kranji dengan pendekatan desain inklusif. (deposited 20 Aug 2020 03:28) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item