Perancangan kawasan wisata Pantai Delegan dengan pendekatan ekologi arsitektur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Farizatul (2020) Perancangan kawasan wisata Pantai Delegan dengan pendekatan ekologi arsitektur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farizatul Amalia_H03216008.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kota Gresik merupakan salah satu wilayah yang terletak di sebelah Barat dari Kota Surabaya, kota ini juga dikenal dengan sebutan Kota Industri. Disamping itu, Kota Gresik juga merupakan wilayah yang memiliki sebuah potensi daya tarik obyek wisata. Salah satunya adalah Wisata Pantai Dalegan. Pengembangan obyek Wisata Pantai Dalegan didasarkan pada beberapa faktor, yaitu kerusakan ekosistem laut dan lingkungan sekitarnya, rusaknya ekosistem laut dan lingkungan sekitarnya ini disebabkan karena banyaknya sampah yang berserakan di kawasan wisata pantai Dalegan akibat aktivitas masyarakat dari balai pelelangan ikan. Oleh sebab itu, solusi yang digunakan untuk memulihkan ekosistem laut dan lingkungan sekitarnya ialah melakukan perancangan dengan menggunakan metode pengumpulan dan pengolahan data, sehingga dapat terbentuk sebuah konsep rancangan kawasan wisata pantai Dalegan yang berbasis ekologi arsitektur. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengurangi kerusakan lingkungan, yaitu dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan sumber daya alam sekitarnya. Dalam perancangan kawasan wisata pantai Dalegan di dalamnya menerapkan sebuah pendekatan ekologi dan nilai-nilai keislaman untuk menciptakan suatu desain yang ramah lingkungan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman pula. Penerapan hasil konsep ekologi arsitektur di kawasan wisata pantai Dalegan meliputi beberapa aspek, antara lain: Penerapan program rekreasi yang menitikberatkan kegiatan kuliner dan memanfaatkan kreativitas masyarakat sekitar untuk dijadikan sebagai motor penggerak wisata. Penerapan pada tapak yang menghasilkan sebuah penataan kawasan wisata pantai Dalegan yang harmonis dan selaras dengan lingkungan sekitarnya. Penerapan pada bangunan menghasilkan bentuk bangunan yang ramah lingkungan, yang dapat di mulai dari penggunaan material dan sistem utilitasnya. Dan penerapan pada ruang juga mampu mewujudkan suasana yang nyaman, sejuk, dan menyatu dengan alam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Farizatulfarizatulamalia9@gmail.comH03216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.idH03216008
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Keywords: Wisata Pantai Dalegan; Ekologi Arsitektur Material Lokal Bambu
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: MRS FARIZATUL AMALIA
Date Deposited: 21 Aug 2020 05:26
Last Modified: 21 Aug 2020 05:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42935

Actions (login required)

View Item View Item