Tinjauan undang-undang nomor 6 tahun 2014 dan fiqh siyasah terhadap penerapan sistem informasi desa di desa Tebaloan kecamatan Duduk Sampeyan kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amri, Khozwind Lailatin Nawa (2020) Tinjauan undang-undang nomor 6 tahun 2014 dan fiqh siyasah terhadap penerapan sistem informasi desa di desa Tebaloan kecamatan Duduk Sampeyan kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lampiran Khozwind Lailatin Nawa Amri_C05216029.pdf

Download (846kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Tinjauan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Dan Fiqh Siyasah Terhadap Penerapan Sistem Informasi Desa Di Desa Tebaloan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik". Skripsi ini membahas tentang Penerapan Sistem Informasi Desa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan. Pertama, Bagaimana penerapan sistem informasi desa di Desa Tebaloan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik menurut Undang-undang nomor 6 Tahun 2014. Kedua, Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap penerapan sistem informasi desa di Desa Tebaloan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik?. Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang penerapan sistem informasi desa menurut undang-undang nomor 6 Tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalag penelitian field reseach yaitu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan makna yang diberikan oleh anggota masyarakat pada perilakunya dan kenyataan sekitar. Dari hasil penelitian ini menghasilkan penerapan sistem informasi desa yang ada di Desa Tebaloan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. Tujuan dari sistem informasi desa ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada Pemerintah Desa dalam memberikan informasi kepada masyarakatnya dan mempermudah aparat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan dasar hukum Pasal 86 Ayat (1-6) UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Menurut pandangan fiqh siyasah dusturiyyah, terjadi kesesuaian antara penerapan sistem informasi desa dengan siyasah idariyah (Administrasi Negara). Dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Desa Tebaloan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik tidak menerapkan sistem informasi desa seperti yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014. Masyarakat desa memiliki hak untuk mengetahui dan mengakses informasi tentang kegiatan yang sedang direncanakan oleh Desa juga yang sedang dilaksanakan oleh Desa. Ketentuan ini dikuatkan oleh Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 82 Ayat (1) dan Pasal 86 Ayat (1-6). Berdasar kedua amanat Undang-undang terserbut, sistem informasi untuk desa yang dapat diakses secara mudah, cepat dan tepat waktu adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pemanfaatan teknologi ini meliputi pemanfaat internet, aplikasi sistem informasi desa dan teknologi mobile. Fiqh siyasah dusturiyyah terhadap penerapan sistem informasi desa di Desa Tebaloan Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik termasuk dalam kategori siyasah idariyah yang mengurus tentang Administrasi Negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amri, Khozwind Lailatin Nawawindaamri7799@gmail.comC05216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbaidillah, Muhammad Hasanubaidillah_mhasan@uinsby.ac.id197911052007011019
Thesis advisorYasin, AchmadAchmadyasin650@gmail.com2027076702
Subjects: Kepala Desa
Masyarakat
Informasi
Keywords: Sistem Informasi Desa; Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014; Pemanfaatan SistemInformasi Desa.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Khozwind Lailatin Nawa Amri
Date Deposited: 20 Aug 2020 21:59
Last Modified: 20 Aug 2020 21:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42913

Actions (login required)

View Item View Item