Peningkatan hasil belajar materi pengolahan data melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'ulah, Yusril Lukluatul (2020) Peningkatan hasil belajar materi pengolahan data melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusril Lukluatul Mas'ulah_D97216093.pdf

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika materi pengolahan data. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi pembelajaran yang menunjukkan bahwa guru menggunakan metode yang terkesn membosankan, kurang menarik dan sulit di pahami sehingga sebagian besar materi yang tersampaikan masih sulit di mengerti oleh peserta didik. Hal ini dibuktikan bahwa hasil belajar sebagian besar siswa masih di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar ini ikut mempengaruhi nilai hasil belajar siswa yakni 35% yang mencapai nilai KKM sebesar 76. Oleh karena itu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar adalah melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi pengolahan data untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Tarbiyatul Islamiyah Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi pengolahan data di MI Tarbiyatul Islamiyah Sidoarjo? Metode penelitian ini merupakan PTK dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yang meliputi, 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat diketahui dari peningkatan skor hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 79 menjadi 94 pada siklus II, kemudian hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu 69 menjadi 91 pada siklus II. 2) Serta pada peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I yaitu 60% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 86% yang telah mencapai indikator kinerja, maka dapat dikatakan penelitian ini telah berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'ulah, Yusril Lukluatulyusriluinsa@gmail.comD97216093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com197307222005011005
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com197212152002122002
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Hasil Belajar; Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI); Pengolahan data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yusril Lukluatul Mas'ulah
Date Deposited: 20 Aug 2020 10:34
Last Modified: 20 Aug 2020 10:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42907

Actions (login required)

View Item View Item