Selibat kaum biarawati: studi kasus di Gereja Santa Maria Tak Bercela di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nada, Laila Qotrin (2020) Selibat kaum biarawati: studi kasus di Gereja Santa Maria Tak Bercela di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Qotrin Nada_E02216013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai hidup selibat di Gereja Santa Maria Tak Bercela di Surabaya. Dalam hal ini yang menjadi fokus penelitian adalah biarawati. Yang mana peneliti lebih menguraikan secara detail terhadap pengalaman pribadi seorang biarawati. Hidup selibat bagi biarawati bukan sekedar hidup untuk tidak menikah melainkan bagaimana biarawati ini dapat menjalani selibat serta dapat melahirkan keutamaan dalam hidupnya. Penelitian ini berawal dari permasalahan yang mengenai tentang pilihan hidup seseorang yang ingin menjadi biarawati. Keinginan tersebut dapat ditemukan empat problematika yang meliputi alasan, aturan, tantangan, dan makna selibat. Alasan selibat lebih memfokuskan apa yang menjadi alasan biarawati ketika memilih hidup selibat. Lalu, aturan dalam selibat hanya menjelaskan aturan-aturan apa saja yang dijalankan biarawati yang berdasarkan sisi agama dan asrama. Kemudian, tantangan selibat memfokuskan tentang tantangan apa saja yang dihadapi biarawati selama menjalani hidup selibat. Terakhir, tentang makna selibat yang menjelaskan seperti apa hidup selibat dalam hidupnya dan seberapa pentingnya selibat bagi biarawati Misionaris Claris. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif yang berarti pengumpulannya berupa wawancara dan dokumentasi. Dalam hal tersebut, mempermudah peneliti untuk mendapatkan data-data secara detail dan mendalam. Sehingga data-data yang didapatkan mudah untuk dianalisis sesuai dengan teori yang dipilih peneliti yaitu teorinya William James tentang pengalaman religious. Dari hasil penelitian yang ditemukan, penulis dapat menyimpulkan empat hal yakni pertama, alasan memilih hidup selibat bagi biarawati ditemukan tiga hal yang dikarenakan cita-cita, terpanggil atau tertarik, dan mimpi. Kedua, aturan dalam selibat yang dijalankan biarawati terdapat dua sisi yaitu yang berdasarkan secara agama dan asrama. Ketiga, tantangan dalam selibat yang dihadapi biarawati dalam kehidupannya ditemukan tiga hal yaitu melawan ego diri sendiri atau adanya nafsu kekuasaan, meninggalkan keluarga, dan terikatnya janji selibat. Terakhir, tentang makna selibat bagi biarawati ditemukan dua hal yaitu mencontoh kehidupannya Yesus dan mengupayakan efektivitas dalam menyiarkan agama terhadap umat Katolik.

Kata Kunci: alasan hidup selibat, aturan dalam selibat, tantangan selibat, makna Selibat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nada, Laila Qotrinqotrinadaza@gmail.comE02216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@gmail.com2018057203
Thesis advisorSiddiq, Akhmadshidiq987@yahoo.com2009087702
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Spiritualisme
Keywords: Hidup selibat; Aturan selibat; Tantangan selibat; makna Selibat.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Qotrin Nada
Date Deposited: 20 Aug 2020 03:43
Last Modified: 20 Aug 2020 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42877

Actions (login required)

View Item View Item