Penggabungan geometri fraktal dengan batik Sendang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunaryo, Wanda Nurrahma Putri (2020) Penggabungan geometri fraktal dengan batik Sendang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wanda Nurrahma Putri Sunaryo_H72216047.pdf

Download (847kB)

Abstract

Batik merupakan kesenian ciri khas yang dimilliki oleh setiap daerah, salah satunya batik sendang yang berasal dari Kabupaten Lamongan. Batik sendang memiliki ciri khas motif bandeng lele, karena Kabupaten Lamongan terkenal dengan simbol ikan bandeng lele. Motif batik sendang saat ini masih menggunakan motif lama dari Sunan Sendang. Seiring berjalannya waktu batik dapat dikembangkan dengan membuat motif yang terbaru dengan menggunakan salah satu cabang ilmu matematika yaitu fraktal. Fraktal merupakan objek yang tampak memiliki kemiripan yang simetris jika dilihat dari skala tertentu dan merupakan bagian terkecil dari struktur objek secara keseluruhan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggabungan dari Batik Sendang dengan Fraktal dan untuk mengetahui hasil yang diperoleh dari proses penggabungan. Teknik pengolahan dalam pembuatan batik fraktal dibutuhkan transformasi geometri yang digunakan untuk mengoperasikan tata letaknya, diproses menggunakan software komputer. Langkah-langkah pembentukan fraktal yang pertama membentuk fraktal menggunakan transformasi geometri yang diolah menggunakan software komputer dan menjadi pilihan motif, yang kedua mengolah batik sendang dengan memilih motif bandeng lele dan mengatur tata letak sesuai kebutuhan isen-isen, yang ketiga kedua motif yang telah dibuat digabungkan dengan menggunakan penjumlahan dua buah citra. Hasil dari penelitian ini diantaranya adalah motif Batik Segitiga Sierpinski dengan Motif Bandeng Lele, motif Batik Koch Snowflake dengan Motif Bandeng Lele.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunaryo, Wanda Nurrahma Putriwanda.aja53@gmail.comH72216047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Subjects: Kesenian
Matematika
Keywords: Geometri fraktal; Batik Sendang
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Wanda Nurrahma Putri Sunaryo
Date Deposited: 20 Aug 2020 03:19
Last Modified: 20 Aug 2020 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42873

Actions (login required)

View Item View Item