Perancangan Museum di Kabupaten Bojonegoro dengan pendekatan arsitektur ikonik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wilantaka, Yuangga Kinata Agung (2020) Perancangan Museum di Kabupaten Bojonegoro dengan pendekatan arsitektur ikonik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuangga Kinata Agung Wilantaka_H03216025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak di sisi paling barat yang kaya akan sumber daya alam serta sejarah dan kebudayaannya. Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, negara bertanggung jawab mengatur perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya, cagar budaya yang berupa benda, bangunan, bangunan, situs, dan kawasan. dikelola oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Keberadaan museum untuk suatu daerah sangatlah penting. Peradaban suatu bangsa dapat dilihat melalui museum yang dimilikinya. Masyarakat masih menilai museum kurang menarik untuk dikunjungi karena memiliki stereotype yang mengatakan bahwa museum terkesan kuno. Sebagai upaya menggugah minat masyarakat untuk mengunjungi museum, perlu diterapkan desain museum yang menarik perhatian, sehingga banyak yang mengunjungi museum. Arsitektur Ikonik sebagai pendekatan karya arsitektur penanda tempat dan waktu memiliki ciri-ciri sebagai bangunan yang layak untuk dijadikan Ikon dari suatu tempat atau daerah. Penerapan pada perancangan museum Bojonegoro ini dengan penerapan kekhasan yang terjadi dari masing-masing masa. Karakteristik ini menggunakan perjalanan sebuah Kabupaten Bojonegoro menjadi sebuah daerah yang memiliki jati dirinya dengan penerapan nilai-nilai bangunan, sosial, dan budaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wilantaka, Yuangga Kinata Agungyuanggakinata@gmail.comH03216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorPrianto, Kusnulkusnul_prianto@uinsby.ac.id2002047903
Subjects: Arsitektur
Sejarah
Budaya
Keywords: Perancangan; Museum; Ikonik; Sejarah; Budaya; Bojonegoro
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Yuangga Kinata Agung Wilantaka
Date Deposited: 19 Aug 2020 16:55
Last Modified: 19 Aug 2020 16:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42869

Actions (login required)

View Item View Item