Peningkatan keterampilan proses Sains Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 melalui model pembelajaran Learning Cycle (5E) pada siswa Kelas IV A MI Al Ahmad Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santi, Dewi Ari (2020) Peningkatan keterampilan proses Sains Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 melalui model pembelajaran Learning Cycle (5E) pada siswa Kelas IV A MI Al Ahmad Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Ari Santi_D97216100.pdf

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan proses sains siswa kelas IV-A pada materi pembelajaran tematik tema 2 subtema 2 pembelajaran 1. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pemerolehan pembelajaran dan guru kelas belummenemukan model pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran. Dari total 28 siswa, hanya 8 siswa yang dinyatakan tuntas dan memenuhi KKM yang telah ditentukan.
Rumusan masalah dari penelitian ini yakni: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaranLearning Cycle (5E) untuk meningkatkan keterampilan proses sains pembelajaran tematik tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 pada siswa kelas IV-A MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo? 2) Bagaiamana peningkatan keterampilan proses sains pembelajaran tematik tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 setelah diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle (5E) di kelas IV-A MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo? Metode penelitian yang digunakan adalah model PTK Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdapat 4 fase. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo pada kelas IV-A dengan subjek penelitian 28 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan non tes (unjuk kerja dan produk). Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar aktivitas guru dan siswa, pedoman wawancara, butir soal, rubrik penilaian unjuk kerja dan rubrik penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle (5E) dapat berjalan dengan baik yang dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru meningkat dari 77,9 (cukup) pada siklus I menjadi 91,6 (sangat baik) pada siklus II dan aktivitas siswa meningkat dari 76(cukup) pada siklus I menjadi 90 (sangat baik). 2) Peningkatan Keterampilan proses sains pembelajaran tematik tema 2 subtema 2 pembelajaran 1 setelah menerapkan model pembelajaran Learning Cycle (5E). Hal tersebut dibuktikan dari meningkatnya persentase kentutasan belajar siswa dari 75% (cukup) meningkatmenjadi 100% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santi, Dewi Aridewiarisanti05@gmail.comD97216100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Keterampilan Proses Sains; Model Learning Cycle (5E); Tematik Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Ari Santi
Date Deposited: 19 Aug 2020 17:23
Last Modified: 19 Aug 2020 17:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42867

Actions (login required)

View Item View Item