Peningkatan hasil belajar materi bersuci dari haid mata pelajaran fikih melalui metode card sort pada peserta didik kelas V a Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Mojokerto.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Rizka Ani (2020) Peningkatan hasil belajar materi bersuci dari haid mata pelajaran fikih melalui metode card sort pada peserta didik kelas V a Madrasah Ibtidaiyah Al Khairiyah Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Ani Puspita_D97216076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan dikarenakan adanya kesulitan yang dialami peserta didik kelas V A MI Al Khairiyah Mojokerto. Dibuktikan perolehan data nilai sebelumnya dengan nilai rata-rata hasil belajar dari 32 siswa kelas V A, 11 siswa yang tuntas dan mencapai 34,3% ketuntasan dalam belajar. Hal ini terjadi karena siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif menyebabkan siswa kurang aktif sehingga memengaruhi nilai hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar materi bersuci dari haid mata pelajaran fikih pada peserta didik kelas V A MI Al Khairiyah Mojokerto. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar materi bersuci dari haid mata pelajaran fikih setelah penerapan metode Card Sort pada peserta didik kelas V A di MI Al Khairiyah Mojokerto. Penelitian ini dilakukan di MI Al Khairiyah Mojokerto dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari data hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 78,4 meningkat menjadi 88,6 pada siklus II. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77,7 meningkat menjadi 86,1 pada siklus II. Kedua, tingkat hasil belajar pada materi bersucci dari haid mata pelajaran fikih di kelas VA mengalami peningkatan setelah menerapkan Metode Card Sort. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai tes belajar pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 71,8% (kategori cukup) dengan rata-rata 75,6 yang meningkat pada siklus II dengan perolehan persentase ketuntasan 93,75% (kategori sangat baik) dengan rata-rata nilai 87,92.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Rizka Anipitamfm2@gmail.comD97216076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Fikih
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil belajar; Bersuci dari haid;Mata pelajaran fikih; Metode card sort
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizka Ani Puspita
Date Deposited: 19 Aug 2020 11:19
Last Modified: 19 Aug 2020 11:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42859

Actions (login required)

View Item View Item