Perancangan kawasan Agrowisata Ngringinrejo Bojonegoro dengan pendekatan Community Based Design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Aminuddin (2020) Perancangan kawasan Agrowisata Ngringinrejo Bojonegoro dengan pendekatan Community Based Design. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminuddin Aziz_H03216005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan penilaian yang dilakukan Pemkab dan stakeholder melalui forum-forum FGD, lokakarya, dan workshop yang dilaksanakan mulai dari tahun 2008 hingga 2009, terdapat 3 kecamatan yang ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Bojonegoro sebagai wilayah agropolitan yang dinamakan wilayah KADEKA diantaranya Kecamatan Kalitidu, Kecamatan Dander, dan Kecamatan Kapas. Kecamatan Kalitidu, tepatnya di Desa Ngringinrejo merupakan salah satu lokasi penunjang aspek holtikultura yang ada di Bojonegoro. Desa Ngringinrejo merupakan desa penghasil buah yang sangat baik, terutama pada sektor buah Belimbing dan Jambu. Pengembangan Kawasan Agrowisata yang ada di Desa Ngringinrejo sangat diperlukan, selain sebagai penunjang aspek holtikultura yang ada di Bojonegoro, juga bisa menjadi penunjang sektor pariwisata. Dalam pengembangan kawasan agrowisata, penataan site, pembagian zonasi, dan juga bentukan bangunan yang akan dibangun pada kawasan agrowisata merupakan prioritas utama, karena dengan hal tersebut bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang berwisata. Akan tetapi, pada saat ini kawasan agrowisata dikelola oleh masyarakat setempat, maka dari itu peran atau partisipasi masyarakat terhadap pengembangan agrowisata juga menjadi sebuah prioritas. Dengan pengembangan Community Based Design, diharapkan pengembangan agrowisata bisa seimbang antara kebutuhan desain dan juga kebutuhan masyarakat. Sehingga, antara konsep desain arsitektur bisa sesuai dengan apa yang ada pada lingkungan sekitar, serta apa yang dibutuhkan masyarakat.
Kata Kunci: Agrowisata, Pengembangan, Community Based Design

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, AminuddinAminuddinaziz47@gmail.comH03216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Subjects: Arsitektur
Keywords: Agrowisata; Pengembangan; Community Based Design.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Aminuddin Aziz Amin
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:04
Last Modified: 19 Aug 2020 06:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42855

Actions (login required)

View Item View Item