Peningkatan pemahaman materi bacaan Idzhar dan Ikhfa' mata pelajaran Al-Qur'an Hadist menggunakan metode SQ3R (survey, question, read, recite, riview) pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Akhlaq Krembangan Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwiantoro, Muhammad Fany (2020) Peningkatan pemahaman materi bacaan Idzhar dan Ikhfa' mata pelajaran Al-Qur'an Hadist menggunakan metode SQ3R (survey, question, read, recite, riview) pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Akhlaq Krembangan Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fany Dwiantoro_D07215027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada hasil pemahaman siswa pada AlQur’an Hadits materi Idzhar dan Ikhfa’ masih rendah. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil wawancara guru dan hasil data pra siklus menunjukkan 48,38% yang tuntas. Hal ini dikarenakan masih monoton ketika pembelajaran guru hanya memberikan materi, kemudian menjelaskan panjang lebar pada siswa, dan diberi soal-soal latihan saja. Siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 15 siswa ( 48,38%) dari 31 siswa. Dari uraian di atas, maka penulis melakukan perbaikan untuk meningkatkan hasil pemahaman siswa yaitu dengan menerapkan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Riview). Rumusan masalah penelitian ini yakni: 1) Bagaimana penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Riview) dalam meningkatkan pemahaman materi bacaan Idzhar dan Ikhfa’ mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Akhlaq Krembangan Taman Sidoarjo?, 2) Bagaimana peningkatan hasil pemahaman siswa setelah menerapkan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Riview) pada materi bacaan Idzhar dan Ikhfa’ mata pelajaran Al-Qur’an Hadits pada kelas IV MI Tarbiyatul Akhlaq Krembangan Taman Sidoarjo?. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Pada penelitian PTK ini terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian yakni melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan motode SQ3R ( Survey, Question, Read, Recite, Riview) berjalan dengan baik. Pada siklus I skor hasil observasi aktivitas guru yaitu 72,5 (cukup) dan pada siklus II meningkat 88, 75 (baik). Sedangkan skor data hasil observasi siswa siklus I yaitu 65 (cukup) meningkat 87,5 (baik) pada siklus II. 2) peningkatan hasil pemahaman siswa materi Idzhar dan Ikhfa’ mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 67,74% (cukup) dengan nilai rata-rata 77,09 (cukup), dan pada siklus II meningktan menjadi 80,64% (baik ) dengan nilai rata-rata 82,58 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwiantoro, Muhammad Fanymukasimbillah94@gmail.comD07215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMumawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorMas`ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.co.id2073091001
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Materi Bacaan Idzhar dan Ikhfa’; Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Riview).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Fany Dwiantoro
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:32
Last Modified: 19 Aug 2020 04:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42846

Actions (login required)

View Item View Item