Perancangan kawasan agrowisata kebun teh Jamus di kabupaten Ngawi dengan pendekatan biophilic design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roehmania, Laili (2020) Perancangan kawasan agrowisata kebun teh Jamus di kabupaten Ngawi dengan pendekatan biophilic design. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Roehmania_H03216011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kota yang terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kabupaten Ngawi dilintasi jalan negara sehingga keberadaannya cukup dikenal oleh masyarakat dari berbagai wilayah di sekitarnya dengan wisata alam, sejarah maupun budayanya. Kebun teh Jamus merupakan salah satu wisata alam di Kabupaten Ngawi yang saat ini mulai banyak peminat namun kurangnya pengelolaan area agrowisata menjadikan kebun teh Jamus kurang dapat memfasilitasi kebutuhan pengunjung. Kawasan agrowisata kebun teh Jamus menjadi salah satu wadah bagi masyarakat kabupaten Ngawi dan sekitarnya sebagai media edukasi, sarana rekreatif, media promosi dan pelestarian kebun teh yang kini semakin tergeser keberadaannya dengan komoditi yang lebih banyak peminat. Pendekatan desain yang mengarah ke sustainable arsitektur semakin dibutuhkan, desain biofilik merupakan perluasan desain yang memperhatikan tentang ekologi alam dan juga kehidupan manusia, bukan hanya mendesain untuk kebutuhan manusia tetapi mendesain untuk hidup bersama dengan alam, sehingga terjadi keselaraan antara kepentingan manusia dan alam. Motivasi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata mencari ketenangan dan melepas kejenuhan menjadikan biofilik desain sebagai metode yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Perancangan Kawasan agrowisata kebun teh Jamus dengan menjadikan 4 patterns biofilik desain sebagai konsep merupakan suatu upaya untuk meminimalisir kerusakan lingkungan yang akan terjadi namun kebutuhan wisatawan akan tetap terpenuhi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roehmania, Laililailirohmania@gmail.comH03216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorPrianto, Kusnulpriantokusnul@gmail.com2002047903
Subjects: Arsitektur
Perkebunan
Keywords: Agrowisata; Kebun teh; Biofilik desain
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Laili Roehmania
Date Deposited: 20 Aug 2020 02:58
Last Modified: 20 Aug 2020 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42816

Actions (login required)

View Item View Item