Pengaruh kegiatan sentra kajian pribadi nabi (SKPN) terhadap nilai pendidikan karakter santri pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2 Prapen Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfiah, Luluk (2020) Pengaruh kegiatan sentra kajian pribadi nabi (SKPN) terhadap nilai pendidikan karakter santri pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2 Prapen Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Alfiah_D91216061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana kegiatan Sentra Kajian Pribadi Nabi (SKPN) di Pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2 Prapen Surabaya; 2) Apa sajakah nilai pendidikan karakter yang dapat diterapkan kepada santri dalam kegiatan Sentra Kajian Pribadi Nabi (SKPN) di Pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2 Prapen Surabaya; dan 3) Bagaimana pengaruh kegiatan Sentra Kajian Pribadi Nabi (SKPN) terhadap nilai pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2 Prapen Surabaya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter bangsa yang mulai luntur di tengah arus globalisasi dan modernisasi yang dipengaruhi oleh perkembangan dan kemajuan zaman pada saat ini. Seperti halnya pada perkembangan dan kemajuan teknologi yang memberikan dampak dan pengaruh luar biasa pada diri sesorang baik yang bersifat positif ataupun negatif. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengguakan desain pre-experimental design. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi lapangan, angket untuk santri, dan deskripsi dokumentasi yang ada. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kegiatan Sentra Kajian Pribadi Nabi (SKPN) berpengaruh terhadap nilai pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Shohhuddin 2 Prapen, Surabaya. Hasil tersebut dapat dilihat dari adanya hubungan antara kegiatan SKPN terhadap nilai pendidikan karakter yang dimiliki oleh santri. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan korelasi non-parametric menggunakan rumus spearman rank. Berdasarkan analisis tersebut, maka diperoleh hasil dari perhitungan nilai thitung = 5,3792 dan ttabel = 2,04841, sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel(α/2;(n-2)), yang memiliki arti bahwa tidak cukup bukti untuk menerima H0 (tolak H0) dengan kata lain terdapat hubungan antara Kegiatan SKPN (Sentra Kajian Pribadi Nabi) dengan nilai Pendidikan Santri Pondok Pesantren Shohihuddin 2 Prapen, Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfiah, Luluklulukalfiah6@gmail.comD91216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChanna AW, Lilieklilikchanna@gmail.com2018126701
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@gmail.com2010045302
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Santri
Keywords: Sentra Kajian Pribadi Nabi (SKPN); Pendidikan Karakter; Santri.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luluk Alfiah
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:35
Last Modified: 19 Aug 2020 02:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42801

Actions (login required)

View Item View Item