Pengaruh kegiatan ziarah kubur terhadap ketenangan jiwa santri kelas XII Madrasah Aliyah pondok pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Alimah, Fauziyati (2020) Pengaruh kegiatan ziarah kubur terhadap ketenangan jiwa santri kelas XII Madrasah Aliyah pondok pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fauziyati 'Alimah_B53216053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh kegiatan ziarah kubur terhadap ketenangan jiwa santri kelas XII Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang dan seberapa besar pengaruhnya? 2) Bagaimana realisasi kegiatan ziarah kubur dan ketenangan jiwa santri tersebut? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post-facto dengan metode yang digunakan adalah metode survei, dan uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Adapun realisasi kegiatannya menggunakan teknik deskriptif dengan menyajikan frekuensi dan rata-rata tiap variabel. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. adalah 0,011, yang mana 0,011 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sementara besar pengaruhnya dapat diketahui dengan melihat nilai R Square. Nilai R Square yang didapat adalah 0,271, nilai tersebut berarti pengaruh ziarah kubur terhadap ketenangan jiwa adalah sebesar 27,1%, sementara sisanya yaitu 72,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Sementara realisasi kegiatan ziarah kubur dan ketenangan jiwa, dapat diketahui melalui nilai rata-rata jumlah skor angket. Hasil yang diperoleh menunjukkan keadaan pada saat penelitian ini dilakukan, kegiatan ziarah kubur santri kelas XII Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang berada pada kategori cukup/sedang dengan nilai rata-rata jumlah skor angket 72.4375, dan hasil nilai rata-rata jumlah skor angket ketenangan jiwa santri yang didapat adalah 68.111, nilai tersebut berada pada kategori rendah. Namun sesuai dengan koefisien uji regresi yang menunjukkan nilai positif (1,016), hal ini berarti jika variabel X ditingkatkan, maka variabel Y pun akan meningkat. Sehingga dapat dikatakan bahwa jika pelaksanaan kegiatan ziarah kubur ditigkatkan maka ketenangan jiwa pun akan meningkat. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ziarah kubur berpengaruh terhadap ketenangan jiwa santri kelas XII Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al-Anwar Paculgowang Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Alimah, Fauziyatiemailfauziyah@gmail.comB53216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwan.alwiyah@yahoo.co.id2003036301
Subjects: Terapi
Ziarah Kubur
Santri
Keywords: Ziarah kubur; Ketenangan jiwa; Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fauziyati 'Alimah
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:01
Last Modified: 18 Aug 2020 07:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42700

Actions (login required)

View Item View Item