PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV MI.AL- BUKHORI SURABAYA

Rohabah, Rohabah (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV MI.AL- BUKHORI SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menngetahui peningkatan kemampuan siswa dalam operasi hitung setelah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan ( action research) sebanyak 2 putaran. Setiap putaran, terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatan, pengamatan, refleksi,dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al- Bukhori Surabaya. Data yang diperoleh berupa hasil hasil tes, lembar observasi, dan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam peningkatan kemampuan dalam operasi hitung siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al- Bukhori Surabaya? Dan Adakah peningkatan kemampuan dalam operasi hitung melalui model pembelajaran berbasis masalah?
Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64% dan siklus II sebesar 92%. Dengan demikian penelitian ini terdapat peningkatan kemampuan dalam operasi hitung siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al- Bukhori sebesar 28%.
Hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam pelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan dalam operasi htung siswa. Guru dapat merefleksi hasil pembelajaran dan mengadakan perbaikan pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Mustofa
Uncontrolled Keywords: Operasi Hitung; Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 03:49
Last Modified: 09 Feb 2015 03:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item