Implementasi sistem zonasi dalam pemerataan layanan pendidikan studi kasus di SMA Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Firda Rizqy (2020) Implementasi sistem zonasi dalam pemerataan layanan pendidikan studi kasus di SMA Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Rizqy Amalia_D93216046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan regulasi sistem zonasi yang di terapkan SMA Negeri 5 Surabaya, implementasi sistem zonasi dalam pemerataan layanan pendidikan, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari implementasi sistem zonasi dalam pemerataan layanan pendidikan di SMA Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian utama dilakukan di SMA Negeri 5 Surabaya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) regulasi sistem zonasi berdasarkan keputusan menteri pendidikan dan kemudayaan dalam Permendikbud no 17 tahun 2017 yang kemudian diamandemen dalam Permendikbud 14 tahun 2018, selanjutnya mengalami perubahan yang diatur kembali pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 51 taun 2018. Juknis yang digunakan berdasarkan Peraturan daerah Gubernur Jawa Timur no 23 Tahun 2019. (2) Pemerataan layanan pendidikan yang dilakukan SMA Negeri 5 Surabaya dalam memberikan akses saat pelayanan PPDB hingga pengelolaan layanan kepada siswa yang telah diterima. (3) Proses implementasi sistem zonasi dalam pemerataan layanan pendidikan di SMA Negeri 5 Surabaya berjalan dalam bentuk kesempatan untuk mengakses kebutuhan calon peserta didik dalam pendaftaran dan pasca penerimaan siswa baru dalam bentuk layanan bimbingan, informasi dan sarana prasarana yang dibutuhkan. (4) faktor pendukung pemerataan layanan pendidikan pada sistem zonasi adalah adanya faktor hukum melalui kebijakan yang telah ditetapkan. faktor kinerja dan loyalitas staff dan guru. Adanya sarana prasana untuk mencapai tujuan. Faktor penghambat adalah waktu yang terlalu singkat dalam proses sosialisasi dari pemerintah. Masyarakat masih ingin anaknya bersekolah di SMA Negeri dengan melalui jalur nilai danem UN.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Firda Rizqyfirdarizqyamalia18@gmail.comD93216046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam-2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Hak Asasi Manusia
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Sistem zonasi; Pemerataan; Layanan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: firda rizqy amalia
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:40
Last Modified: 18 Aug 2020 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42686

Actions (login required)

View Item View Item