Peningkatan kemampuan berhitung pembagian bersusun (Porogapit) pada materi mengubah bentuk pecahan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) siswa kelas IV-b MIN 1 Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umamah, Nisful Lailatul (2020) Peningkatan kemampuan berhitung pembagian bersusun (Porogapit) pada materi mengubah bentuk pecahan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) siswa kelas IV-b MIN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Nisful Lailatul Umamah_D07216029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan berhitung peserta didik pada pembagian bersusun (porogapit). Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil wawancara dengan guru Matematika dan hasil dari nilai ulangan. Dari hasil tersebut diketahui hampir 60,6% dari 33 peserta didik yang belum tuntas. Adapun yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan kemampuan berhitung pembagian bersusun (porogapit) pada materi mengubah bentuk pecahan yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).
Tujuan dari penelitian yaitu: 1)Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada pembagian bersusun (porogapit) dalam pembelajaran Matematika materi mengubah bentuk pecahan peserta didik kelas IV-B MIN 1 Pasuruan. 2)Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung pembagian bersusun (porogapit) pada materi mengubah bentuk pecahan peserta didik kelas IV-B MIN 1 Pasuruan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B dengan jumlah 33 peserta didik dan tempat penelitian ini adalah di MIN 1 Pasuruan.
Dalam hal ini teknik pengumpupulan data menggunakan wawancara, observasi guru dan observasi peserta didik, serta tes tulis, yang dilakukan pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil dari peningkatan kemampuan berhitung peserta didik dapat dikategorikan berhasil. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat diterapkan dengan baik, dengan perolehan data dari observasi guru pada siklus I sebesar 94 (sangat baik) menjadi lebih baik lagi yaitu 98 (sangat baik). Serta skor perolehan aktivitas peserta didik siklus I 90,7 (baik) meningkat menjadi 98,2 (sangat baik), 2)Peningkatan kemampuan berhitung pembagian bersusun (porogapit) pada materi mengubah bentuk pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkat, dibuktikan dengan peroleh hasil rata-rata pra siklus skor yang diperoleh 73,4 (cukup), pada siklus I skor yang diperoleh 75,5 (cukup), serta pada siklus II skor yang diperoleh 87,2 (baik). Serta hasil dari ketuntasan belajar pra siklus diperoleh persentase 60,6%, pada siklus I diperoleh persentase 70,9% (cukup), dan pada siklus II diperoleh persentase 87,5% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umamah, Nisful Lailatulnisfullailatulumamah@gmail.comD07216029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kemampuan Berhitung; Pembagian Bersusun (Porogapit); Pecahan; NHT (Numbered Heads Together).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisful Lailatul Umamah
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:10
Last Modified: 18 Aug 2020 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42658

Actions (login required)

View Item View Item