Peningkatan pemahaman materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif tema 1 subtema 1 melalui model quantum teaching pada siswa kelas VI MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Nur Imama (2020) Peningkatan pemahaman materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif tema 1 subtema 1 melalui model quantum teaching pada siswa kelas VI MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Imama Sholihah_D97216070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya pemahaman materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif pada siswa kelas VI MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan. Hal ini disebabkan karena kemampuan dan cara siswa dalam menangkap materi berbeda-beda. Guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga sebagian besar siswa belum terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran. Maka dari itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas VI. Penerapan model quantum teaching diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan pemahaman materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif tema 1 subtema 1 pada siswa kelas VI MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan. 2) Mengetahui peningkatan pemahaman materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif tema 1 subtema 1 setelah diterapkan model quantum teaching pada siswa kelas VI MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri atas dua siklus dengan empat tahap pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Roudlotul Muta’abbidin Payaman Solokuro Lamongan yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model quantum teaching terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 75,86 meningkat pada siklus II menjadi 88,33. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,95 meningkat pada siklus II menjadi 84. 2) Peningkatan pemahaman materi perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui model Quantum Teaching mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan pada pra siklus sebanyak 50%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 70%, serta pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 90%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Nur Imamanurimamasholihah@gmail.comD97216070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwe@rocketmail.com2015127201
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif; Quantum Teaching.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR IMAMA SHOLIHAH
Date Deposited: 16 Aug 2020 06:48
Last Modified: 16 Aug 2020 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42613

Actions (login required)

View Item View Item