Kedudukan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Di Mts Unggulan Singa Putih Prigen Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Ika Zianah (2020) Kedudukan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru Di Mts Unggulan Singa Putih Prigen Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
IKA ZIANAH FIRDAUS_ D03216009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Kedudukan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di MTs Unggulan Singa Putih Prigen Pasuruan. Hal tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya guru yang belum memenuhi standar kompetensi guru khususnya kompetensi kepribadian guru, akibatnya banyak guru yang kemudian asal mengajar. Kepribadian guru juga kebanyakan masih labil, seorang oknum guru melakuka tindakan kekerasan hingga pelecehan sehingga guru semacam ini sulit dijadikan teladan bagi peserta didik. Dalam hal ini peneliti mengambil objek penelitian di MTs Unggulan Singa Putih Prigen Pasuruan melalui banyak pertimbangan. Dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru kepala madrasah melakukan supervisi serta membuat program-program untuk membantu guru dalam memenuhi kompensi kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kedudukan kepala madrasah sebagai supervisor di MTs Unggulan Singa Putih Prigen, Mengetahui peningkatan kompetensi kepribadian guru di MTs Unggulan Singa Putih Prigen, Mengetahui kedudukan kepala madrasah sebagai supervisor dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru di MTs Unggulan Singa Putih Prigen. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wali kelas VII, VIII, IX dan guru ekstrakulikuler, serta peserta didik. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumetasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedudukan kepala madrasah sebagai supervisor adalah mampu mengawasi, memberikan pembinaan kepada seluluh pendid ik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. kepala madrasah melaksanakan supervisi secara rutin dengan pendekatan direktif/secara langsung. (2) Dalam peningkatan kompetensi kepribadian kepala madrasah membuat program-program seperti mengikutsertakan pendidik dalam pelatihan diluar madrasah dan melaksanakan ngaji bersama abah yai pada hari yang telah ditentukan. Selain itu kepala madrasah membuat kode etik sebagai acuhan guru dalam bertindak. (3) Kedudukan kepala madrasah sebagai supervisor dalam peningkatan kompetensi kepribadian ditunjukkan dengan kebijakan kepala madrasah membuat instumen penilaian, kode etik guru dan program-program peningkatan kompetensi kepribadian serta melaksakan supervisi secara rutin. Kepala madrasah juga melaksanakan rapat dengan seluruh dewan guru setiap satu bulan sekali sebagai bentuk evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Ika Zianahiz.firdaus222@gmail.comD03216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIED2012085201
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: kedudukan kepala madrasah; supervisor; kompetensi kepribadian.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: IKA ZIANAH FIRDAUS
Date Deposited: 16 Aug 2020 03:46
Last Modified: 16 Aug 2020 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42610

Actions (login required)

View Item View Item