Keefektifan pemberian Immediate Positive Feedback dan Immediate Netral Feedback terhadap peningkatan konsep diri dalam belajar Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khanifa, Fitri Ana (2020) Keefektifan pemberian Immediate Positive Feedback dan Immediate Netral Feedback terhadap peningkatan konsep diri dalam belajar Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Ana Khanifa_D04215009.pdf

Download (7MB)

Abstract

Konsep diri dalam belajar matematika adalah penilaian peserta didik terhadap kemampuan mereka dan rasa suka atau ketertarikan terhadap matematika yang memiliki tiga dimensi dan enam indikator. Konsep diri tersebut terbentuk karena suatu proses feedback yang diberikan dari individu lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pemberian immediate positive feedback dan immediate netral feedbak, dampak pemberian immediate positive feedback dan immediate netral feedback terhadap peningkatan konsep diri peserta didik, dan perbedaan konsep diri dalam belajar matematika antara peserta didik yang diberikan immediate feedback positive dan immediate netral feedback. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode komparatif. Walaupun analisis dalam penelitian ini menggunakan bantuan analisis statistik, namun penelitian ini masih tergolong deskriptif kualitatif karena menggunakan statistik deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan 6 peserta didik pada setiap kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 MAN Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020. Peserta didik terpilih memiliki konsep diri awal kategori tinggi, sedang, rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket konsep diri sebelum dan setelah pembelajaran, serta lembar observasi. Teknik analisis data yaitu analisis dampak pemberian immediate positive feedback dan immediate netral feedback, analisis perbedaan konsep diri dan analisis hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pemberian immediate positive feedback dan pemberian immediate netral feedback tergolong sangat baik dan dapat dikatakan efektif. Dampak pemberian immediate positive feedback terhadap konsep diri peserta didik dalam belajar matematika yaitu adanya peningkatan pada konsep diri peserta didik ditandai dengan peningkatan seluruh dimensi konsep diri. Dampak pemberian immediate netral feedback yaitu adanya peningkatan pada konsep diri peserta didik ditandai pada peningkatan 2 dimensi konsep diri. Adanya perbedaan konsep diri antara pemberian immediate positive feedback dan immediate netral feedback yaitu pada dimensi pengetahuan terpaut 11,58, dimensi pengharapan terpaut 8,3 dan dimensi penilaian terpaut 17,3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khanifa, Fitri Anakhanifafitriana5@gmail.comD04215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Matematika
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Feedbac; immediate positive; immediate netral; konsep diri; Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitri Ana Khanifa
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:44
Last Modified: 18 Aug 2020 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42586

Actions (login required)

View Item View Item