Pengetahuan Wakif mengenai prosedur sertifikasi tanah wakaf di Kecamatan Ngoro Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solihatin, Lilis (2020) Pengetahuan Wakif mengenai prosedur sertifikasi tanah wakaf di Kecamatan Ngoro Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Lilis Solihatin_C97216033.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengetahuan Wakif mengenai prosedur sertifikasi tanah wakaf di Kecamatan Ngoro Mojokerto” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengetahuan wakif Kecamatan Ngoro mengenai prosedur sertifikasi tanah wakaf? Dan apa saja kendala dalam proses sertifikasi tanah wakaf di Kecamatan Ngoro Mojokerto? Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk wawancara dilakukan kepada pihak-pihak terkait, dengan wawancara kepada wakif dan ketua pemberdayaan bidang perwakafan KUA Kecamatan Ngoro Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan wakif wilayah Kecamatan Ngoro mengenai prosedur sertifikasi tanah wakaf tergolong pengetahuan kurang berdasarkan pengukuran tingkat pengetahuan. Pengetahuan wakif dapat dilihat dari tingkat responden menjawab pertanyaan tentang sertifikasi tanah wakaf yaitu 40% hingga kurang dari 40% dari 10 total pertanyaan yang diberikan peneliti. Ini disebabkan kurangnya informasi dan sosialisasi mengenai sertifikasi tanah wakaf dari pihak manapun atau dari KUA Kecamatan Ngoro. Dalam pelayanan bidang perwakafan KUA Kecamatan Ngoro dapat dilihat dari manajemen strategi yang dijalankan, mulai dari tahap formulasi dan tahap implementasi telah dilakukan, namun KUA Kecamatan Ngoro tidak melakukan tahap evaluasi sebagai tahap akhir, ini menyebabkan tidak dapat mengetahui kekurangan dari strategi yang telah direncanakan. Tidak adanya pelayanan dan sosialisasi mengenai prosedur sertifikasi tanah wakaf di KUA Kecamatan Ngoro menjadi tugas yang belum dilaksanakan pihak KUA Kecamatan Ngoro ini merujuk pada pelayanan sertifikat tanah wakaf yang diatur dalam peraturan menteri Agraria dan Tata Ruang atau BPN RI Nomor 2 tahun 2017 Pasal 2 ayat 2. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya adalah supaya meneliti lebih dalam lagi terkait manajemen pelayanan bidang perwakafan di KUA Kecamatan Ngoro Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solihatin, Lilislilis.sholihatin@gmail.comC97216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Wakaf
Keywords: Wakif; sertifikasi tanah wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Lilis Solihatin
Date Deposited: 17 Aug 2020 00:20
Last Modified: 17 Aug 2020 00:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42529

Actions (login required)

View Item View Item