Implementasi kegiatan Zero Mind di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diniyah, Nanda Nur (2020) Implementasi kegiatan Zero Mind di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Nur Diniyah_D98216074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan zero mind. Kegiatan tersebut termasuk dalam SOP kegiatan pagi yang ada di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik. Penelitian ini membahas tentang urgensi dari kegiatan zero mind dan penerapannya di TK IT Al Ibrah tersebut. Selain itu, juga dipaparkan dampak dari kegiatan zero mind tersebut terhadap perkembangan siswanya. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiaran zero mind sangat berpengaruh pagi perkembangan siswa. Kegiatan tersebut juga sangat sesuai dengan cara belajar dan bermain siswa sehingga siswa melakukan kegiatan tanpa adanya keterpaksaan. Hal tersebut sangat diperlukan oleh siswa karena kegiatan zero mind adalah kegiatan belum terstruktur sebelum masuk di kegiatan sentra. Selain itu, kegiatan tersebut juga sangat efektif karena sudah mencakup lima kegiatan dalam waktu yang singkat. Dalam penerapannya sangat detail dan sesuai dengan perencanaan yang ada dalam buku panduan Standar Operasional Prosedur sekolah tersebut. Kegiatan tersebut mencakup lima sub kegiatan yaitu jurnal pagi, mengaji, fonk, olah tubuh dan praktek shalat. Para guru penanggung jawab kegiatan juga rutin dalam dan rinci dalam penilaiannya sehingga laporan kepada orang tua siswa lengkap. Kegiatan zero mind memberi dampak yang signifikan bagi perkembangan siswa. Terbukti dari 6 aspek perkembangan anak yaitu aspek kognitif, fisik motorik, bahasa, moral agama, sosial emosional dan seni yang di implementasikan dalam egiatan zero mind tersebut sebagian besar terlihat perkembangannya. Meskipun tidak menonjol tetapi ketika kegiatan tersebut dijadikan pembiasaan (SOP Kegiatan pagi) maka akan berdampak besar pada perkembangan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diniyah, Nanda Nurnurdiniyahnanda@gmail.comD98216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kegiatan Zero Mind
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nanda Nur Diniyah
Date Deposited: 16 Aug 2020 17:13
Last Modified: 16 Aug 2020 17:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42517

Actions (login required)

View Item View Item