Peningkatan keterampilan bercerita pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam menggunakan metode picture strip story siswa kelas V MI al-Ahmad Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashiroh, Maratun (2020) Peningkatan keterampilan bercerita pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam menggunakan metode picture strip story siswa kelas V MI al-Ahmad Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Maratun Nashiroh_D97215063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya persentase pada penguasaan keterampilan bercerita siswa kelas V MI Al-Ahmad Krian mata pelajaran SKI dengan hasil belajar 41,37% (12 siswa) tuntas dari 29 siswa. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang digunakan kurang berorientasi pada aspek keterampilan dan kurang variatif. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan tindakan perbaikan keterampilan bercerita siswa pada materi hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib menggunakan metode Picture Strip Story.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan metode Picture Strip Story pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas V MI AL-ahmad Krian Sidoarjo? (2) Bagaimana peningkatan keterampilan bercerita pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah menggunakan metode Picture Strip Story pada siswa kelas V MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis penggunaan metode Picture Strip Story pada mata pelajaran SKI siswa kelas V MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo. (2) Menganalisis peningkatan keterampilan bercerita pada mata pelajaran SKI setelah menggunakan metode Picture Strip Story siswa kelas V MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewwin. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Al-Ahmad Krian Sidoarjo dengan jumlah siswa 29. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan penilaian performance.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penggunaan Picture Strip Story terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 79,16 dan meningkat 93,05 pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 76,47 dan meningkat pada siklus II sebesar 92,18. (2) keterampilan bercerita siswa pada mata pelajaran SKI materi hijrah Nabi Muhammad SAW setelah menggunakan Picture Strip Story mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan bercerita siswa sebesar 79,31 dengan persentase ketuntasan 68,96%. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan bercerita siswa pada siklus II sebesar 88,79 dengan persentase ketuntasan sebesar 86,20%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashiroh, Maratunmaratun.an7@gmail.comD97215063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Keterampilan Bercerita; Picture Strip Story.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maratun Nashiroh
Date Deposited: 16 Aug 2020 14:01
Last Modified: 16 Aug 2020 14:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42514

Actions (login required)

View Item View Item