Kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Darul Hikmah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainia, Titah Indah (2020) Kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Darul Hikmah Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Titah Indah Ainia_D93216095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran dari kepala madrasah sebagai pemimpin adalah menjadi kunci dari peningkatan dan perkembangan kinerja guru disekolah. Peningkatan kinerja guru dalam pelaksanaan tugasnya dapat tercapai apabila kepala madrasah mampu memberikan motivasi kepada guru yang dinamakan dengan motivasi kerja, dengan adanya motivasi kerja yang dimiliki oleh seorang guru baik itu motivasi dari dalam diri maupun dari luar itu bisa mendukung guru dalam meningkatkan kinerjanya. Dalam hal ini yang paling berpengaruh dan berperan pada peningkatan motivasi kerja guru adalah kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator. Adapun fokus penelitian yang peneliti kembangkan sebagai berikut: 1) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator di MA Darul Hikmah Mojokerto? 2) bagaimana upaya peningkatan motivasi kerja guru di MA Darul Hikmah Mojokerto? 3) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Darul Hikmah Mojokerto? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator di MA Darul Hikmah Mojokerto, mendeskripsikan upaya peningkatan motivasi kerja guru di MA Darul Hikmah Mojokerto, mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Darul Hikmah Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA Darul Hikmah Mojokerto yaitu dengan melakukan pendekatan dan pengawasan kepada guru, mengevaluasi kinerja guru dengan diadakanya rapat setiap bulan, memberikan penghargaan kepada guru dalam bentuk hadiah dan pujian, pengaturan lingkungan kerja, mengikut sertakan guru dalam kegiatan seminar atau pelatihan-pelatihan, dan penyediaan sumber belajar yang memadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainia, Titah Indahtitahindah111@gmail.comD93216095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.com2004065501
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Kepala Madrasah Sebagai Motivator; Motivasi Kerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Titah Indah Ainia
Date Deposited: 16 Aug 2020 16:47
Last Modified: 16 Aug 2020 16:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42504

Actions (login required)

View Item View Item