Religiusitas masyarakat proletar pada aras lokal: studi kasus pada Masyarakat Desa Sendangbumen Kecamatan Berbek Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Elfada Adella (2020) Religiusitas masyarakat proletar pada aras lokal: studi kasus pada Masyarakat Desa Sendangbumen Kecamatan Berbek Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel SUrabaya.

[img] Text
Elfada Adella Hidayat_E92216028.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian tentang religiusitas masyarakat proletar di Desa Sendangbumen Kecamaatan Berbek Nganjuk. Tentang bagaimana pandangan masyarakat proletar terhadap agama, serta bagaimana tingkat religiusitas mereka. Penelitian ini ditujukan untuk memahami serta menjelaskan bagaimana religiusitas masyarakat proletar serta bagaimana pandangan mereka tentang agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif versi Miles dan Huberman yang komponennya terdapat reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Desa Sendnagbumen Kecamatan Berbek Nganjuk. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori religiusitas dari Glock dan Stark serta materialism historis milik Karl Marx. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa masyarakat di Desa Sendangbumen lebih cenderung berorientasi terhadap agama, ini dilihat dari mayoritas masyarakat di sana menjalankan ibadah dengan baik Karena bagi mereka ibadah jauh lebih penting dari sekadar kekayaan materi. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti genaologi, karena mereka terlahir dilingkungan yang kental akan ajaran-ajaran agama yang sifatnya fundamental, faktor pendidikan, mereka kurang mendapat imbas dari perkembangan ilmu pengtahuan sehingga mereka sangat mudah percaya apa yang disampaikan oleh pemuka agama. mereka juga mengakui bahwa ketika mereka melakukan ibadah seperti sholat, mengaji, dan hal-hal yang berbau agama lainnya, hatinya menjadi lebih tenang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Elfada Adellafadaadella@gmail.comE92216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani10@yahoo.co.id2008026901
Subjects: Candu
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Spiritualisme
Keywords: Agama; Religiusitas; Masyarakat proletar
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Elfada Adella Hidayat
Date Deposited: 18 Aug 2020 04:04
Last Modified: 18 Aug 2020 04:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42474

Actions (login required)

View Item View Item