Pengembangan sumber pembiayaan pendidikan melalui manajemen kewirausahaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samsuddin, Ekabela Purmiaty (2020) Pengembangan sumber pembiayaan pendidikan melalui manajemen kewirausahaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
EKABELA PURMIATY_D03216005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengembangan Sumber Pembiayaan Pendidikan Melalui Manajemen Kewirausahaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai pengembangan sumber pembiayaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, manajemen kewirausahaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, pengembangan sumber pembiayaan pendidikan melalui manajemen kewirausahaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik, faktor pendukung dan penghambat pengembangan sumber pembiayaan pendidikan melalui manajemen kewirausahaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskrptif. Peneliti menggali informasi secara mendalam terhadap berbagai fenomena yang terkait dengan judul penelitian di lapangan dan mendeskripsikan dalam bentuk kalimat. Metode yang digunakan adalah observasi secara langsung, wawancara dan analisis dokumen. Peneliti menggunakan model Miles dan Hubermen dalam melakukan analisis data, yaitu pengumpulan data,reduksi data dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian di lapangan menjelaskan bahwa pengembangun sumber pembiayaan pendidikan adalah usaha mandiri sekolah dalam menciptakan dan mengembangkan sumber-sumber dana secara mandiri. Sumber biaya pendidikan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik diantaranya: SPP, pemerintah pusat (BOS) , pemerintah provinsi (BPOPP), Pemerintah daerah (mebeler), donatur perusahaan luar, sumbangan dari alumni dan wirausaha sekolah. Manajemen kewirausahaan adalah suatu proses mengembangkan usaha baru (bisnis) dengan ide-ide kreatif serta inovatif yang bisa mendatangkan keuntungan. Bentuk wirausaha yang ada di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik meliputi : Food corner d’kautsar, Ma’arif Mart, penyewaan gedung dan usaha produksi kopya/peci. Proses manajemen kewirausahaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga pengawasan. Sebesar 25 % dana pendapatan wirausaha sekolah dianggarkan sebagai tambahan biaya oprasional sekolah, pengembangan sarana prasarana, kesejahteraan guru dan karyawan juga sebagai dana pendukung segala macam kegiatan akademik maupun non akademik sekolah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samsuddin, Ekabela Purmiatypurmiatysyam@gmail.comD03216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.com2004065501
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pengembangan Sumber Pembiayaan Pendidikan; Manajemen Kewirausah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ekabela Purmiaty Samsuddin
Date Deposited: 15 Aug 2020 05:39
Last Modified: 15 Aug 2020 05:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42455

Actions (login required)

View Item View Item