Peningkatan kreativitas seni kriya 3 dimensi mata pelajaran seni budaya dan prakarya melalui media barang bekas pada siswa kelas iva MIN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indah, Sri (2020) Peningkatan kreativitas seni kriya 3 dimensi mata pelajaran seni budaya dan prakarya melalui media barang bekas pada siswa kelas iva MIN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Indah_D97216084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan praktik sehingga dapat menunjang keterampilan dengan baik, tetapi pada kenyataannya pada MIN 1 Lamongan masih sering menerapkan pembelajaran secara materi saja tanpa praktik sehingga membuat siswa tidak memiliki kreativitas dalam berkarya seni. Selain itu dalam penggunaan media pembelajaran yang jarang digunakan dalam mata pelajaran SBdP membuat pembelajaran kurang maksimal. Rumusan masalah yang diuraikan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut; 1) Bagaimana penerapan media barang bekas dalam peningkatan kreativitas pembelajaran seni kriya 3 dimensi mata pelajaran SBdP pada peserta didik kelas IVA MIN 1 Lamongan?. 2) Bagaimana peningkatan kreativitas seni kriya 3 dimensi mata pelajaran SBdP pada peserta didik kelas IVA MIN 1 Lamongan setelah digunakannya media barang bekas? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan media pembelajaran berupa media barang bekas botol bekas dan kain perca yang dilakukan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan penilaian produk. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Penerapan media barang bekas pada mata pelajaran SBdP materi seni kriya 3 dimensi berjalan dengan baik. Dalam penelitian dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 83,63 sedangkan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 90,00. Perolehan hasil observasi aktivitas siswa siklus I adalah 77,14 naik menjadi 85,71. 2) Pembelajaran menggunakan media barang bekas dalam KBM mata pelajaran SBdP dapat meningkatkan kreativitas dalam mencipta hasil karya seni kriya peserta didik kelas IVA MIN 1 Lamongan. Dilihat dari analisis data, nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 80,07 dengan prosentase ketuntasan peserta didik sebesar 76% Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 84.00 dengan prosentase ketuntasan sebesar 84%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indah, Srisriindah2306@gmail.comD97216084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorTaufik, Taufiktaifiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Keywords: Peningkatan Kreativitas; Seni Kriya 3 Dimensi; Media Barang Bekas.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SRI INDAH
Date Deposited: 14 Aug 2020 12:16
Last Modified: 14 Aug 2020 12:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42411

Actions (login required)

View Item View Item