Peningkatan motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa menggunakan media audio visual pada siswa kelas III a MI Darul Ulum Tambak Rejo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, M. Alfian Zuhri (2020) Peningkatan motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa menggunakan media audio visual pada siswa kelas III a MI Darul Ulum Tambak Rejo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Alfian Zuhri Pratama_D97216063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini ialah rendahnya motivasi belajar siswa kelas III A terhadap materi Aksara Jawa. Hal ini terlihat ketika guru menjelaskan materi terkait Aksara Jawa siswa cenderung pasif dan hanya beberapa siswa saja yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa juga belum terlihat menyukai mata pelajaran Bahasa Jawa, hal ini terlihat ketika kegiatan pembelajaran berlangsung siswa banyak yang bermain sendiri dan kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penggunaan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa pada siswa kelas III A MI Darul Ulum Tambak Rejo Sidoarjo? ; 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa setelah menggunakan media audio visual pada siswa kelas III A MI Darul Ulum Tambak Rejo Sidoarjo?.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu, 1) Perencanan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III A MI Darul Ulum Tambak Rejo Sidoarjo berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Penggunaan Media Audio Visual dalam penelitian ini terjadi peningkatan nilai dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 82,5 dan siklus II menjadi 92,5 serta aktivitas siswa pada siklus I bernilai 77,8 pada siklus II yakni 86,84 ; 2) Motivasi Belajar siswa mengalami peningkatan setelah penggunaan Media Audio Visual yang ditandai dengan peningkatan persentase ketuntasan angket pada siklus I adalah 64,52% pada siklus II menjadi 83,87%. Sedangkan persentase ketuntasan tes tulis siswa pada sikus I adalah 48,39% pada siklus II menjadi 87,10%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, M. Alfian Zuhrizuhri.alfian197@gmail.comD97216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
UNSPECIFIEDNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Motivasi Belajar; Aksara Jawa; Media Audio Visual.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M. Alfian Zuhri Pratama
Date Deposited: 14 Aug 2020 11:26
Last Modified: 14 Aug 2020 11:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42410

Actions (login required)

View Item View Item