Peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa legena melalui tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas III MI Tanada Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Izzati (2020) Peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa legena melalui tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada siswa kelas III MI Tanada Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Izzati Choiriyah_D97216109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis aksara Jawa legena. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran pada tahap pra siklus bahwa penyajian materi kurang variatif hanya berpusat pada guru (teacher center) sehingga siswa bosan dan kurang termotivasi. Siswa yang tuntas hanya sebesar 30,30 %. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa legena pada siswa kelas IIIA MITANADA Waru? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis aksara Jawa legena setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa kelas IIIA MI TANADA Waru?. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, Dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunkn adalah observasi, wawancara, non-tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, lembar wawancara, lembar kerja siswa, seta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam penelitian ini terjadi peningkatan nilai dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 mendapatkan nilai akhir 76,47 (cukup) dan siklus II menjadi 91,17 (sangat baik). Sedangkan observasi aktivitas siswa siklus I mendapat nilai akhir 69,64 (cukup) dan siklus II menjadi 89,28 (baik).
2) keterampilan menulis aksara Jawa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC mengalami peningkatan keterampilan menulis Pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik sebesar 60,60% (kurang) dengan nilai rata-rata kelas 70,66 (cukup) dan pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 87,87% (baik) dengan nilai rata-rata kelas 80,06 (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, Izzatiizzatichoiriyah04@gmail.comD97216109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlir-2022076802
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan Keterampilan Menulis; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC; Materi Aksara Jawa Mata Pelajaran Bahasa Jawa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Izzati Choiriyah
Date Deposited: 14 Aug 2020 11:57
Last Modified: 14 Aug 2020 11:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42407

Actions (login required)

View Item View Item