Peningkatan keterampilan membaca puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media Youtube pada peserta didik Kelas II MI Nurul Ulum Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maziyah, Nayly Ana (2020) Peningkatan keterampilan membaca puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media Youtube pada peserta didik Kelas II MI Nurul Ulum Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nayly Ana Maziyah_D07216028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan membaca puisi pada peserta didik kelas II MI Nurul Ulum Gresik. Terlihat banyak peserta didik yang belum terampil belum percaya diri dan belum sesuai bagai mana cara membaca puisi yang sesuai dengan vokal, irama, ekspresi, dan penjiwaan. Maka dari itu sangat perlu diterapkan media yang sudah dinilai bisa meningkatkan keterampilan membaca puisi, yaitu dengan menggunakan media youtube. Peneliti ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui penerapan media youtube dalam meningkatkan keterampilan membaca puisi mata pelajaran bahasa indonesia pada peserta didik kelas II MI Nurul Ulum Gresik (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca puisi dengan menggunakan media youtube mata pelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas II MI Nurul Ulum Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, sedangkan model PTK yang digunkan adalah model kurt lewin dimana dalam satu siklus terdapat empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari, observasi, wawancara, non tes (performance), dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas (PTK) ini diperoleh dengan menunjukan : (1) penggunaan media youtube dapat dilaksanakan dengan baik dengan melalui perbaikan di setiap siklus. Hal ini bisa diketahui dari observasi aktivitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 87 dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 93 dengan kategori sangat baik. Begitu pula dari observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 72 dengan kategori cukup mengikat pada siklus II menjadi 88 dengan kategori baik. (2) peningkatan pada keterampilan membaca puisi peserta didik dengan menggunakan media youtube dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada pra-tindakan yaitu 61,91 pada siklus I meningkat menjadi 72,29 cukup dan pada siklus II menjadi 84,82. Dan juga dapat dilihat dari peningkatan prosentase kelas pada pra-tindakan mencapai 24% dengan kategori sangat kurang, pada siklus I meningkat menjadi 58% dengan kategori cukup dan pada siklus II menjadi 94% dengan ketegori sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maziyah, Nayly Ananayly.uinsa@gmail.comD07216028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Peningkatan Keterampilan; Membaca; Youtube
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nayly Ana Maziyah
Date Deposited: 14 Aug 2020 12:34
Last Modified: 14 Aug 2020 12:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42404

Actions (login required)

View Item View Item