Menciptakan masyarakat sehat melalui progam lingkungan bersih di Dusun Joho Desa Rayung Kecamatan Senori Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosala, Siti Mu'minah (2020) Menciptakan masyarakat sehat melalui progam lingkungan bersih di Dusun Joho Desa Rayung Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mu'minah Rosala_B02216048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengorganisasian masyarakat dan kelompok tani tentang ketergantungan yang merusak lingkungan. Kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat maka menjadikan peningkatan sampah yang mengakibatkan lingkungan tercemar dan aliran sungai menjadi tidak lancar yang berdampak bagi pertanian masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Partisipatory Action Research (PAR) yang melibatkan masyarakat atau komunitas didalamnya dan menjadikannya aktor utama dengan melalui beberapa langkah seperti pemetaan wilayah, penelusuran wilayah, penggalian data, menentukan fokus kajian, pengorganisasian, dan melakukan aksi perubahan sosial. Strategi dalam pengorganisasian masyarakat atau kelompok tani iniadalah sebuah wujud dalam pengelolaan sampah plastik agar mencapai suatu progam aksi perubahan yakni lingkungan bersih yang bisa menjaga kelestarian alam. Kegiatan ini melalui sebuah wadah atau tempat belajar untuk mengembangkan potensi dan kreatifitas masyarakat dalam upaya untuk mengurangi jumlah penggunaan sampah plastik. Perubahan pada masyarakat setelah adanya kegiatan pengorganisasian ini adalah meningkatnya pengetahuan mereka tentang lingkungan serta adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi jumlah penggunaan sampah plastik secara berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosala, Siti Mu'minahmukminahsiti30@gmail.comB02216048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayyib, Thayyibsyarifthayib@gmail.com2016117001
Subjects: Kebersihan
Daur Ulang
Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Masyarakat sehat; pengorganisasan; progam lingkungan bersih.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Mu'minah Rosala
Date Deposited: 14 Aug 2020 00:20
Last Modified: 26 Nov 2020 04:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42392

Actions (login required)

View Item View Item