Pengaruh program tafsiran Al Qur'an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist di Mts Nurul Islam Pungging Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wicaksono, Cahyo Adi (2020) Pengaruh program tafsiran Al Qur'an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur'an Hadist di Mts Nurul Islam Pungging Mojokerto. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cahyo Adi Wicaksono_D01216005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Progam tafsiran al-qur’an adalah sebuah program yang berisi menyimak, membaca, mendengarkan dan memahami isi al-qur’an yang dilakukan rutin setiap pagi. Kegiatan ini akan menambah pengetahuan peserta didik tentang kandungan isi al-qur’an. Isi pembelajaran yang ada didalam program pembiasaan tafsiran al-Qur’an ini hampir sama dengan mata pelajaran al-qur’an hadist. Karena mata pelajaran al-qur’an hadist adalah mata pelajaran yang mempelajari kandungan al-qur’an dan hadist. Maka program tafsiran pembiasaan al-qur’an mempunyai pengaruh yang kuat pada mata pelajaran al-qur’an hadist. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan di MTs Nurul Islam Pungging mojokerto dengan metode kuantitatif. Dengan sampel 79 siswa dari 769 populasi. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Dan untuk mengetahui bagaimana program pembiasaan tafsiran al-Qur’an dan bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadist, peneliti menggunakan analisis deskriptif. Serta untuk mengetahui pengaruh program pembiasaan tafisiran al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadist, peneliti menggunakan angket dan nilai hasil belajar siswa untuk di uji. Penggujian tersebut menggunakan validitas, reabilitas, normalitas, liniear, dan dilanjutkan dengan analisis regresi linear. Setelah itu penelitian ini diperkuat dengan uji hipitesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan nilai signifikan dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa program pembiasaan tafsiran al-Qur’an (X) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadist (Y). Dan berdasarkan hasi uji t, diketahui nilai t hitung sebesar 2,708 > t tabel 1,992, sehingga dapat disimpulkan bahwa program pembiasaan tafsiran al-Qur’an berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadist (Ha).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wicaksono, Cahyo Adicahyoadi07051998@gmail.comD01216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawawi, Mabuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Program Pembiasaan Tafsiran Al Qur’an; Prestasi Belajar Siswa; Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: cahyo adi wicaksono
Date Deposited: 17 Aug 2020 17:13
Last Modified: 17 Aug 2020 17:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42377

Actions (login required)

View Item View Item